KIA Picanto Hancur Tertabrak Kereta Api Bathara Kresna

KIA Picanto Hancur Tertabrak Kereta Api Bathara Kresna

Warga berkerumun saat mobil KIA Picanto hancur tertabrak KA Pengganti Bathara Kresna di lintasan Solo - Wonogiri. (foto - ist)

Solo - Kereta perintis Railbus Bathara Kresna relasi Solo - Wonogiri menabrak mobil KIA Picanto dengan nomor polisi AD 7296 XX saat melintas di tengah Kota Solo, Kamis (25/1/2018). Insiden yang tidak menelan korban jiwa itu, terjadi di simpang tiga jalan protokol Slamet Riyadi, tepatnya di depan Stadion Sriwedari.
 
Manajer Humas PT KAI Daops VI Yogyakarta Eko Budiyanto menjelaskan, KA pengganti Railbus Bathara Kresna dengan masinis Agus Heriawan dalam perjalanan dari Stasiun Purwosari Solo menuju Wonogiri, bertabrakan dengan mobil KIA Picanto warna putih, yang dikemudikan Intan Ayu Kusuma Pratiwi (28). 

Kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 04.15 WIB, di mana mobil sedang melaju di Jalan Slamet Riyadi dari arah timur yang sejajar rel KA dan merupakan jalur contraflow. Sementara dari arah berlawanan melintas KA pengganti Railbus Bathara Kresna dengan kecepatan sekitar 20 km per jam.

Setibanya di simpang tiga depan Stadion Sriwedari mendadak mobil berbelok ke kiri arah Jalan Bhayangkara. Saat bersamaan, rangkaian KA yang jaraknya relatif dekat tetap melaju hingga tabrakan pun tak terhindarkan.    

Akibat tabrakan tersebut, kondisi mobil yang tergencet lokomotif hancur. Sedangkan salah satu roda lokomotif rangkaian KA pun anjlog, sehingga harus mendatangkan derek Unimog untuk mengembalikan lokomitif ke atas rel. "Korban perempuan warga Begalon Kelurahan Penularan Solo itu hanya mengalami luka-luka," kata Eko. 

Sementara Kasatlantas Polresta Surakarta Kompol Imam Syafi'i, menjelaskan, Jalan Slamet Riyadi yang merupakan jalur satu arah memang diberlakukan contraflow sampai pukul 06.00 WIB. Namun mobil yang dikemudikan Intan melaju dari arah timur ke barat.

Akibat kecelakaan itu, Jalan Slamet Riyadi mengalami kemacetan. Petugas berupaya mengeluarkan korban yang terjebak dalam mobil yang ringsek, dan terjepit lokomotif. Setelah korban dikeluarkan segera dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,