Ridwan Kamil, Kebutuhan SMK Lebih Besar dari SMA

Ridwan Kamil, Kebutuhan SMK Lebih Besar dari  SMA

Siswa SMK Sedang Melakukan Penelitian Di Laboratorium

Bandung – Setelah mendapatkan kritikan dan protes dari kelompok orang tua siswa dan guru peduli pendidikan perihal biaya kebutuhan sekolah tingkat SMA/SMK, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil berupaya mengkoordinir semua Kepala Sekolah tingkat SMA/SMK se Kota Bandung untuk membuat laporan kebutuhan biaya selama lima tahun ke depan.

Menurut Ridwan Kamil, kebutuhan setiap sekolah antara yang satu dengan lainnya pasti berbeda. Apalagi untuk sekolah swasta dan sekolag negeri. SMA dan SMK saja tingkat kebutuhannya pasti berbeda, lebih besar di SMK.

“Wajar SMK lebih besar biaya kebutuhannya di banding SMA, karena di sekolah SMK siswa lebih banyak diberikan materi praktek dibanding teori, jadi ini wajar kalau subsidi untuk SMK lebih besar," kata Ridwan Kamil, Senin (8/9/2014).

Ridwan Kamil menambahkan, laporan kebutuhan yang dibuat sekolah selama lima tahun ke depan dibutuhkan sebagai acuan Dinas Pendidikan dalam memberikan bantuan BOS (Bantuan Operasional Sekolah) yang diambil setiap tahun dari APBD.

“Jika sudah ada rincian biaya kebutuhannya berapa, dana BOS mudah untuk mengalokasikannya. Kalau misalkan ada kekurangan biaya, berapa biaya kekurangannya itu jadi bisa teratasi,” tambahnya.

Di Kota Bandung, kebutuhan siswa SMA perorang tercatat sebesar Rp. 4.600.000,-/tahun, ini sangat besar dibanding dana bos yang diberikan perorang Rp. 1.200.000,-/tahun, kekurangan inilah yang menyebabkan kenapa sekolah setingkat SMA di Kota Bandung masih belum bisa gratis.(Ode)**

.

Categories:Pendidikan,
Tags:,