Santap Kerang Hijau, Puluhan Warga Cirebon Keracunan

Santap Kerang Hijau, Puluhan Warga Cirebon Keracunan

Sebagian korban keracunan kerkang hijau sudah bisa pulang setelah dirawat di puskesmas. (foto - ist)

Cirebon - Sedikitnya 32 warga Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon mengalami keracunan, setelah menyantap kerang hijau, pada Kamis 25 Januari 2018 malam. Dari 32 warga yang mengalami keracunan, tujuh di antaranya masih menjalani perawatan di RS Pertamina Cirebon dan Puskesmas Suranenggala.
 
Korban yang masih dirawat di RS Pertamina Cirebon yakni Daska (55), Casti (55) dan Mistiri (49). Sedangkan korban yang saat ini masih dirawat di Puskesmas Suranenggala yakni Darji (42), Asmika (70), Adim (16) dan Rohmah (48). 

Sebagian besar korban pun masih belum bisa banyak bicara saat ditemui di Puskesmas Suranenggala. Asmika misalnya, ia masih merasakan pusing dan terbaring lemas dengan didampingi anaknya, Ruwisi (50). Menurutnya, ia merasakan pusing yang dibarengi rasa mual. 
 
Tak hanya itu, sekitar satu jam setelah menyantap kerang hijau, sekujur tubuh Asmika merasa kesemutan.  "Kemarin malam makan kerang hijau sekeluarga. Hanya bapak sama ponakan, Adim yang keracunan. Saya juga makan, tapi tak apa-apa," kata Ruwisi. 

Keluarga pun panik melihat kondisi Asmika dan Adim. Keduanya langsung dilarikan ke Puskesmas Suranenggala dan masih menjalani perawatan. "Mungkin kondisi bapak sedang tidak fit. Kalau kata orang kerang hijau yang beracun itu daging kerangnya warna kuning dan lembek," katanya. 

Sementara korban lainnya hanya menjalani perawatan rawat jalan. Sukendro misalnya, datang ke puskesmas Jumat (26/1/2018) sekitar pukul 10.00 WIB. Setelah menyantap kerang hijau, pada Kamis malam, ia pun sempat muntah-muntah. 

Menurut Gunawan, salah seorang dokter di Puskesmas Suranenggala, para korban mengalami sesak napas, pusing dan muntah-muntah. "Memang ada yang muntah berlebihan. Yang dirawat di sini ada empat orang dan tiga korban lainnya masih dirawat di RS Pertamina Cirebon," katanya di Puskesmas Suranenggala. 

Ia menjelaskan, keracunan akibat kerang hijau bisa mengakibatkan korban kehilangan nyawa. Hal itu jika korban mengalami muntah berlebihan yang dibarengi dengan sesak napas. "Korban akan kesulitan napas, apalagi kalau dibarengi muntah yang berlebihan. Itu bisa menyebabkan kematian," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,