Gempa 3,7 SR Mengagetkan Warga di Bangka Barat

Gempa 3,7 SR Mengagetkan Warga di Bangka Barat

Wilayah Jebus Kabupaten Bangka Barat Provinsi Bangka Belitung diguncang gempa tektonik berkekuatan 3,7 SR. (foto - BMKG)

Pangkalpinang - Wilayah Jebus Kabupaten Bangka Barat Provinsi Bangka Belitung diguncang gempa tektonik berkekuatan 3,7 pada skala Richter (SR), Selasa (30/1/2018).

Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Dr. Daryono mengatakan episenter terletak pada koordinat 1,48 LS dan 105,58 BT, tepatnya di laut lepas pantai berjarak 12 km arah utara dari Desa Jebus Kabupaten Bangka Barat, dengan kedalaman 10 km.

"Dampak gempa yang dilaporkan oleh masyarakat menunjukkan, gempa tersebut memicu guncangan dengan skala intensitas II - III MMI," katanya.

Menurutnya, gempa yang dirasakan warga Bangka Barat berlangsung cepat. Meski begitu, masyarakat yang merasakan sempat kaget dengan guncangan yang dirasakan dan sempat keluar rumah. "Sejumlah warga sempat berhamburan ke luar rumah untuk menyelamatkan diri," katanya.

Sebelumnya, warga Parittiga Bangka Barat merasakan gempa pada pukul 19.20 - 19.25 WIB. Getaran gempa dikatakan salah seorang warga tidak terlalu kuat dan berselang lama.

Sementara itu, laman BMKG Pusat menyebutkan, #Gempa Mag:3.7, 30-Jan-18 19:16:48 WIB, Lok:1.48 LS, 105.58 BT (Pusat gempa berada dilaut 41km TimurLaut BANGKABARAT), Kedlmn:10 Km Dirasakan (MMI) II Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,