Longsor di Cisarua Bogor, Jalur Puncak Sementara Ditutup

Longsor di Cisarua Bogor, Jalur Puncak Sementara Ditutup

Empat titik di Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor diterjang longsor. (foto - @TMCPolresBogor)

Bogor - Sedikitnya empat titik di kawasan Puncak Kabupaten Bogor diterjang longsor, setelah hujan deras yang mengguyur wilayah itu. Akibatnya, jalur Puncak menuju Cianjur untuk sementara ditutup, dan dialihkan ke jalur Sukabumi, Senin (5/2/2018).

Berdasarkan keterangan Kasat Lantas Polres Bogor Hasby Ristama menyebutkan, empat titik longsor tersebut terjadi di Kecamatan Cisarua, mencakup wilayah Panimbangan Kecil Desa Tugu Selatan, di sekitaran Masjid Atta Awun Desa Tugu Selatan, di Villa Pengayoman Desa Cibeureum dan di Kampung Babakan Desa Cibeureum.

Disebutkan, longsor di Panimbangan Kecil mengakibatkan bahu jalan amblas yang mengakibatkan material tanah dari tebing menutup sebagian bahu jalan. "Telah diupayakan untuk membersihkan material yang menutup jalan," kata Hasby.

Sejauh ini, longsor yang menerjang empat titik tersebut tidak menyebabkan korban jiwa. Sedangkan longsor di Villa Pengayoman ditaksir memakan kerugian hingga sekitar Rp 15 juta. Petugas telah melakukan rekayasa lalu lintas dan tindakan lain yang dibutuhkan untuk mengatasi longsor.

Untuk itu, ratusan personel dikerahkan untuk melakukan evakuasi longsor. Pengalihan arus lalu lintas juga dilakukan bagi kendaraan yang menuju ke Puncak dan Cianjur. Untuk sementara waktu mereka dialihkan menuju jalur Sukabumi.

Selain itu, petugas telah memanggil petugas alat berat untuk membantu membersihkan tanah longsoran di lokasi. Proses evakuasi pasca longsor dilakukan bersama Satgas Bencana, untuk bersama-sama membersihkan material tanah yang menutup jalan.

"Untuk itu, kami mengimbau masyarakat agar tidak menggunakan jalur Puncak terlebih dahulu. Karena selain badan jalan, masih tertutup tanah longsoran, juga dikhawatirkan terjadi longsor susulan," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,