Tiga Wilayah di Bengkulu Diterjang Gempa 3,9 SR

Tiga Wilayah di Bengkulu Diterjang Gempa 3,9 SR

Tiga Wilayah di Bengkulu Diterjang Gempa 3,9 SR. (ilustrasi)

Bengkulu - Gempa tektonik berkekuatan 3,9 pada skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu, Senin (5/2/2018) sekitar pukul 08.31 WIB.

Berdasarkan hasil analisis BMKG gempa itu terletak di episenter pada koordinat 4.31 lintang selatan (LS) dan 102.38 bujur timur (BT). Tepatnya di laut pada jarak 39 kilometer (km) arah Selatan Tais, Bengkulu Utara pada kedalaman 34 km.

Menurut peta, dampak gempa berupa guncangan lemah dirasakan di Kabupaten Kepahiang Kabupaten Bengkulu Utara dan Kota Bengkulu, dalam skala intensitas I SIG BMKG ( I-II MMI). "Sejauh ini belum ada laporan kerusakan dari warga," kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kepahiang Bengkulu, Litman.

Menurutnya, dari kedalaman hiposenternya tampak gempa itu merupakan gempa bumi dengan kedalaman dangkal. Akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia, yang merupakan zona subduksi lempeng, yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera.

Hasil monitoring BMKG menunjukkan, belum terjadi gempa bumi susulan. Kepada masyarakat di daerah pesisir Barat dan Selatan Bengkulu diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi BMKG. "Gempa tidak berpotensi tsunami," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,