Longsor di Cisarua Puncak Meluas Menerjang Enam Lokasi

Longsor di Cisarua Puncak Meluas Menerjang Enam Lokasi

Longsor menggerus tanah penyangga aspal hingga menyisakan aspal yang menggantung di Jalan Raya Puncak Kabupaten Bogor. (foto - Polres Bogor)

Bogor - Lokasi longsor di kawasan Puncak Bogor terus meluas,  dari sebelumnya empat titik (lokasi) bertambah menjadi 6 titik. Kawasan longsor terbanyak berada di wilayah Riung Gunung, dan sekitar Masjid At-Ta'awun Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama menyatakan, kawasan Riung Gunung ada tiga titik longsor, kemudian di sekiar Masjid At-Ta'awun ada dua titik longsor, serta satu titik longsor lainnya berada di Tanjakan Widuri Pucak.

"Secara keseluruhan sudah ada enam titik yang longsor, kita sedang berupaya untuk melakukan evakuasi. Sampai saat ini jalur Puncak masih ditutup untuk mempermudah evakuasi korban dan longsoran," kata Hasby di Kawasan Puncak Bogor, Senin (5/2/2018).

Sebelumnya, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan selain At-Ta'awun, longsor juga menerjang kawasan Tanjakan Widuri, Grand Hill dan Riung Gunung. Longsor menutup jalur Puncak, karena beberapa tiang listrik roboh serta pohon tumbang.

Belum ada laporan resmi korban dari longsor di Puncak. Namun demkian, pihak BPBD Kabupaten Bogor masih melakukan verifikasi, terkait adanya informasi korban longsor.

Untuk sementara jalur dari Jakarta menuju Puncak Bogor ditutup total karena jalan tertimbun longsor. Mulai pukul 09.15 WIB jalur Puncak ditutup, mulai dari Polingga untuk memudahkan evakuasi dan penanganan longsor di 4 titik longsor tersebut.

Jalur dari Jakarta menuju Puncak dialihkan lewat Sukabumi, sedangkan dari Cianjur menuju Jakarta dialihkan lewat Jonggol. Hujan masih terus turun, BPBD Kabupaten Bogor bersama aparat dari TNI, Polri, Basarnas, SKPD, relawan dan warga melakukan penanganan longsor.

Sebelumnya dilaporkan, seorang pemotor yang belum diketahui identitasnya terbawa material longsor hingga terjun ke jurang. "Ada seorang pemotor yang terbawa material longsor ke jurang. Namun, berhasil kita evakuasi dan dibawa ke RSUD Ciawi," kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama.

Menurut Hasby, kondisi pemotor masih hidup dan mengalami luka-luka akibat terbawa material longsor. Ia juga mendapat informasi dari warga kalau ada beberapa pemotor yang terbawa dan tertimbun material longsor di Puncak.

Namun demikian, sejauh ini pihaknya masih melakukan pencarian sambil mengevakuasi material longsoran yang menutupi jalur Puncak. "Ada yang tertimbun longsor dua sepeda motor, dan empat orang masih dalam pencarian," tegasnya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,