Air Meninggi, Korban Banjir Kampung Melayu Dievakuasi

Air Meninggi, Korban Banjir Kampung Melayu Dievakuasi

Genangan air di Kampung Melayu Jatinegara Jakarta Timur makin tinggi. (foto - @bogypratama25)

Jakarta - Warga yang berada di wilayah Kali Ciliwung Kampung Melayu Jatinegara Jakarta Timur dievakuasi Badan SAR Nasional Provinsi DKI Jakarta ke sejumlah posko karena air terus meninggi. Ketinggian air sudah mencapai betis orang dewasa.

Menurut Staf Operasi Basarnas DKI Jakarta Darmawan, evakuasi dilakukan setelah ada permintaan langsung dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta. Pasalnya, banjir kiriman dari Bendung Katulampa Bogor meningkat, sehingga warga yang berada di permukiman pinggir kali harus dievakuasi.

"Kami dari tim Basarnas DKI diminta evakuasi warga, ada puluhan yang harus segera kita evakuasi," kata Darmawan, Selasa (6/2/2018) dinihari.

Ia menuturkan, pihaknya belum mengantongi identitas warga yang harus di evakuasi. Pasalnya, ia akan langsung berkoordinasi dengan lurah setempat untuk mencari warga yang terjebak di permukiman. "Selebihnya nanti setelah kami koordinasi dengan Bapak Lurah, doakan semoga tidak terjadi apa-apa," katanya.

Sedikitnya 2 mobil Basarnas DKI Jakarta sudah tiba di lokasi banjir. Pasukan orange itu langsung berkemas dan menuju tempat padat pemukiman penduduk untuk melaksanakan tugasnya.

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Tony Surya Putra mengimbau warga untuk menjauh dari tepi kali Ciliwung. "Itu ngapain dekat-dekat Kali Ciliwung. Cepat-cepat pergi," tegas Kombes Tony Surya.

Ia juga mengingatkan anak buahnya untuk memperketat pengawasan. Semua warga yang masih nekat mendekati area banjir diminta segera dievakuasi. Selain petugas dilarang keras berada di area dekat sungai," lanjutnya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,