Gempa 6,4 SR Guncang Taiwan Runtuhkan Hotel di Hualien

Gempa 6,4 SR Guncang Taiwan Runtuhkan Hotel di Hualien

Hotel di negara bagian Hualien timur Taiwan runtuh diterjang gempa 6,4 SR Selasa 6 Februari sekitar pukul 23.50 waktu setempat. (foto - Associated Press)

Taipei - Gempa berskala 6,4 pada skala Richter (SR)  mengguncang kawasan bagian timur Taiwan,  Selasa (6/2/2018) sekitar pukul 23.50 waktu setempat. Dua orang dilaporkan tewas dan ratusan lainnya terluka terjebak dalam reruntuhan hotel di Hualien.

Sebagaimana dilansir AFP, Rabu (7/2/2018) berdasarkan informasi dari Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyebutkan, lokasi gempa berada sekitar 21 kilometer arah timur laut Kota Pelabuhan Hualien. Sementara Biro cuaca di pulau itu mencatat gempa itu berkekuatan 6,0 SR.

Sebelumnya, pada Minggu 4 Februari juga terjadi gempa dangkal sebanyak lima kali dalam waktu dua jam. Ketika itu gempa terjadi di lepas pantai timur Taiwan. Taiwan terletak di dekat pertemuan dua lempeng tektonik. Kondisi itu menyebabkan gempa kerap terjadi di negara itu.

Sementara itu, dampak gempa terparah pernah terjadi di September 1999. Saat itu terjadi gempa besar yang berkekuatan 7,6 SR hingga menewaskan sekitar 2.400 orang. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,