Atlet Angkat Besi Porda Tidak Bisa Panen

Atlet Angkat Besi Porda Tidak Bisa Panen

Atlet Angkat Besi Porda Tidak Bisa Panen

Bandung - Atlet angkat berat dan besi tidak bisa panen emas pada Porda Jabar XII/2014 di Kabupaten Bekasi karena panitia menetapkan penghitungan medali emas berdasarkan total angkatan.

"Mengacu kepada aturan PON maka pertandingan angkat berat dan besi tidak lagi dipisahkan, namun penghitungan medali emas berdasarkan total angkatan," kata Ketua Umum Pengda PABBSI Jawa Barat Maman Suryaman, Jumat (21/11/2014).

Padahal pada PON-PON sebelumnya, setiap lifter peraih medali emas bisa panen emas hingga tiga keping, atau atlet yang mencatat angkatan bagus di snatch, celan and jerk dan total angkatan.

"Terakhir panen emas lifter pada ajang Porda XI/2010 di Bandung Raya, Porda kali ini satu lifter hanya bisa meraih satu emas berdasarkan total angkatan," kata Maman, Akibat peraturan tersebut, ada beberapa daerah yang akhirnya tidak menurunkan atletnya untuk tampil di Porda, sehingga dari jumlah peserta pun pada Porda kali ini lebih sedikit dibandingkan sebelumnya.

Pertandingan angkat besi juga diikuti oleh peraih medali perak Asian Games 2014, Sri Wahyuni Agustini dari Kabupaten Bandung. Sri yang turun di kelas 48Kg meraih medali emas setelah mencatat total angkatan seberat 135Km.

Seperti lifter lainnya, Sri juga harus puas dengan satu keping medali emas. Padahal pada Porda sebelumnya ia pesta emas.

Sementara atlet Kabupaten Bandung lainnya Windy Cantika juga meraih emas pada setelah melakukan total angkatan 101 Kg.

Maman menyebutkan , secara penyelenggaraan yang dilakukan technical delegate dan panitia untuk cabor angkat besi, angkat berat, dan binaraga tidak ada masalah. Hanya saja hingga saat ini ada sedikit masalah teknis dimana untuk medali belum ada sama sekali.

"Kami sudah dikomplain oleh peserta namun mau gimana lagi, dari segi kekuatan atlet semuanya hampir merata, tidak didominasi oleh satu daerah. Kita lihat hasil sekarang diamana Kota Bekasi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bekasi, Kota Bandung, bahkan Banjar bisa bersaing satu sama lainnya," katanya menambahkan. (AY)

.

Categories:Olahraga,
Tags:olahraga,