Tim Korut dan Korsel Berparade di Olimpiade Pyeongchang

Tim Korut dan Korsel Berparade di Olimpiade Pyeongchang

Kelompok orkestra Korut membatalkan tampil bersama artis Korsel di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018. (foto - AFP)

Pyeongchang - Kontingen atlet Korea Utara dan  Korea Selatan berparade bersama dalam  bendera unifikasi pada upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018, Jumat 9 Februari malam waktu setempat. Presiden Komite Olimpiade Internasional, Thomas Bach mengaku merinding menyaksikan momen itu.
 
"Momen yang sangat emosional setelah bertahun-tahun kerja keras dan negosiasi yang masih berlangsung,” sebut Thomas Bach saat memberikan pidato pembukaan. "Saat melihatnya tidak hanya membuat saya merinding tapi juga semua orang di sini dan dunia,” kata pria asal Jerman itu.
 
Dilansir Reuters, Sabtu (10/2/2018) pemandangan atlet Korut dan Korsel berparade bersama itu merupakan yang pertamakali terjadi pada satu dekade terakhir. Hal itu merupakan buah kerja keras Korsel selama beberapa bulan terakhir. Negeri Ginseng ingin agar olimpiade itu menjadi sarana meredakan ketegangan di Semenanjung Korea.
 
Kim Yo-jong bersama Kepala Negara seremonial Korut Kim Yong-nam datang ke Korsel tiba di Bandara Internasional Incheon, pada Jumat siang. Bahkan, keduanya diundang oleh Presiden Moon Jae-in ke Istana Kepresidenan, Gedung Biru atau Cheong Wa Dae di Seoul.
 
Sebelumnya, Kementerian Unifikasi Korsel menyatakan, Pyongyang telah membatalkan kesepakatan untuk penampilan pertunjukan budaya bersama saat Olimpiade Musim Dingin mendatang. "Korut mengatakan, kami telah mendorong opini publik untuk menghina niat baik mereka dalam olimpiade di Pyeongchang, bahkan membawa masalah perayaan internal Korut".
 
"Atas pertimbangan itu, membuat Korut tidak memiliki pilihan selain membatalkan acara yang telah disepakati," katanya. Padahal, Korut bersama dengan Korseln telah menyepakati sejumlah terkait penampilan Pyongyang di olimpiade itu.
 
Salah satunya, pertunjukan bersama antara kelompok orkestra dari Korrut tampil bersama artis dari Seoul di panggung di gunung Kumgang. Pertunjukkan bersama itulah yang kemudian dibatalkan. Korut juga telah menyetujui akan menurunkan tim gabungan dengan Korsel untuk tim hoki es putri. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,