OTT Lampung Tengah KPK Amankan 14 Orang Uang 1 Miliar

OTT Lampung Tengah KPK Amankan 14 Orang Uang 1 Miliar

KPK tangkap 14 orang dan amankan uang Rp 1 miliar dalam OTT di lampung Tengah dan Jakarta. (foto - ist)

Jakarta - Sedikitnya 14 orang diamankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait operasi tangkap tangan (OTT) di Lampung Tengah dan Jakarta. Menurut Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, belasan orang diamankan dari dua lokasi, Lampung dan Jakarta.

"Kami mengamankan 14 orang. Ada yang di Lampung dan di Jakarta," kata Febri dalam konferensi pers di gedung KPK Jalan Kuningan Persada Jakarta Selatan, Kamis (15/2/2018).

Menurutnya, ke-14 orang yang diamankan itu terdiri atas berbagai unsur di pemerintahan, mulai eksekutif hingga legislatif. Ada pula yang berlatar belakang pihak swasta. "Unsur yang diamankan ada anggota DPRD, pejabat pemda, pegawai pemda dan pihak swasta," katanya.

Selain mengamankan sejumlah pejabat, dalam OTT tersebut KPK juga mengamankan uang tunai sebesar Rp 1 miliar di Lampung Tengah. Diduga, uang itu merupakan hadiah pemkab ke DPRD Lampung Tengah. "Kami sita sejumlah uang di Lampung," tegas Febri.

Ia mengatakan, ada indikasi penyuapan dari pemkab kepada DPRD setempat, terkait persetujuan dari DPRD. Uang Rp 1 miliar diduga merupakan hadiah dari pihak pemkab untuk DPRD Lampung Tengah. "Terkait adanya kebutuhan persetujuan dari DPRD, dilakukanlah sejumlah upaya pemberian hadiah atau janji," katanya.

Namun demikian, sejauh ini KPK menegaskan belum mengamankan kepala daerah dalam OTT tersebut. "Tidak ada kepala daerah yang kami amankan sampai sekarang ini," ungkapnya. Selain mengamankan 14 orang, KPK juga menemukan uang tunai pecahan Rp 100 ribu yang ditemukan dalam kardus.

"Yang pasti, kami konfirmasi memang ada kegiatan operasi, yang diamankan sebanyak 14 orang. Kami menemukan uang di dalam kardus dalam pecahan Rp 100 ribu," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,