Pesawat Citilink Tertahan di Udara karena Cuaca Buruk

Pesawat Citilink Tertahan di Udara karena Cuaca Buruk

Pesawat Citilink Tertahan di Udara karena Cuaca Buruk

Jakarta - Pesawat milik maskapai penerbangan Citilink yang membawa ratusan penumpang dari Jakarta menuju Padang, Rabu malam sempat tertahan selama 15 menit di udara, sebelum akhirnya berhasil mendarat di Bandara Internasional Minangkabau.

Pesawat dengan nomor penerbangan QG 945 itu sempat tak bisa mendarat tepat waktu, akibat cuaca buruk dan jarak pandang yang hanya berkisar 300 hingga 700 meter. Seangkan jarak pandang normal, yakni 800 meter untuk pendaratan.

"Sekitar pukul 20.00 WIB pesawat berhasil mendarat. Tadinya sempat berputar-putar di udara selama 15 menit akibat terkendala cuaca buruk dan jarak pandang," kata staf Humas PT Angkasa Pura II cabang BIM Fendrik, Rabu (14/2/2018).

Menurut Fendrik, cuaca saat ini sudah berlangsung membaik. Bahkan, jarak pandang sudah kembali normal menjadi 1.200 meter. Sementara untuk jadwal kedatangan, hingga saat ini masih ada lima penerbangan lagi.

Tim dari Rescue Fire Fighting Service (RFFS) Bandara Internasional Minangkabau yang sudah terlatih, tetap siaga untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Terutama saat pesawat mendarat di landasan basah dengan cuaca yang kurang baik.

"Untuk jarak pandang buruk terutama saat hendak mendarat, pilot biasanya akan mencoba holding menunggu cuaca membaik sampai persediaan bahan bakar tersedia, untuk divert atau dialihkan atau kembali ke bandara awal. Yang jelas, dalam kondisi apa pun tim RFFS kami siap menghadapinya," kata Fendrik.

Sementara itu, BMKG Minangkabau mengeluarkan perkembangan peringatan dini cuaca terhitung pukul 20.00 WIB, yang masih berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang.

Kondisi tersebut diperkirakan berlangsung hingga pukul 22.30 WIB jelang dinihari, terutama di sejumlah wilayah Sumatera Barat. Antara lain Kota Padang, Pariaman, Padang Pariaman, Kepulauan Mentawai, Kabupaten Solok dan Pesisir Selatan. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,