Longsor, Akses Menuju Dua Desa di Gianyar Terisolir

Longsor, Akses Menuju Dua Desa di Gianyar Terisolir

Jalan penghubung dari Desa Tegenungan menuju Desa Sukawati Gianyar Bali diterjang longsor. (foto - BPBD Kabupaten Gianyar)

Gianyar - Desa Tegenungan menuju ke Desa Sukawati Gianyar Bali terisolir, menyusul jalan penghubung ke wilayah itu mengalami longsor, pada Kamis 15 Febuari 2018 dinihari. Belum dapat diperkirakan kerugian materi akibat longsor jalan beraspal sepanjang 10 meter dan lebar 4 meter itu.
 
Jalan raya penghubung Desa Tegenungan menuju ke Desa Sukawati Kecamatan Sukawati Gianyar itu, separuh jalanya longsor akibat diguyur hujan yang terus menerus.
 
Beruntung, dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa. Saat warga melintasi kawasan itu sekira pukul 06.00 Wita, jalan tersebut sudah dalam keadaan longsor dengan panjang sekitar 10 meter dan lebar 4 meter. Diperkirakan, jalan raya itu longsor pada dinihari akibat dari tingginya curah hujan wilayah Sukawati Gianyar.
 
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gianyar, AA Oka Digjaya membenarkan adanya jalan longsor tersebut. Menurutnya, langkah yang sudah dilakukan antara lain penutupan jalan bagi pengguna kendaraan roda empat agar tidak melewati jalan itu.
 
Selain itu, pihaknya mengimbau kepada warga untuk menggunakan jalan utama Kecamatan Blahbatuh jika ingin menuju Kecamatan Sukawati. "Ya ada dua Desa Tegenungan menuju ke Desa Sukawati yang jalanya keputus,” tegas Oka di Gianyar, Jumat (16/2/2018).
 
Kendati sudah diberi penutup, masih banyak warga yang berusaha melewati jalan tersebut, dengan menaiki sepeda motor. Sebenarnya, hal itu berbahaya dikhawatirkan terjadi longsor susulan. Sejauh ini, wilayah Bali tenah dilanda cuaca buruk, sering terjadi hujan dengan intensitas tinggi. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,