Heli Bawa Mendagri Meksiko Jatuh Ketika Meninjau Gempa

Heli Bawa Mendagri Meksiko Jatuh Ketika Meninjau Gempa

Helikopter ditumpangi Mendagri Meksiko Alfonso Navarete dan Gubernur Oaxaca Alejandro Murat jatuh saat tinjau gempa. (foto - @ELPINERO)

Mexico City - Helikopter militer yang ditumpangi  Menteri Dalam Negeri Meksiko Alfonso Navarete  serta Gubernur Oaxaca Alejandro Murat jatuh, ketika meninjau wilayah yang baru saja diguncang gempa. Dua orang dinyatakan tewas dalam kecelakaan itu namun kedua pejabat tersebut selamat.

Gempa bumi berkekuatan 7,2 pada skala Richter (SR) mengguncang wilayah Meksiko bagian selatan pada Jumat 16 Februari waktu setempat. Pusat gempa berada di lokasi 37 km timur laut Pinotepa de Don Luis, Oaxaca atau dekat dengan resort peselancar di pantai Pasifik.

Dilansir Reuters, Sabtu (17/2/2018) Navarete dan Murat melakukan kunjungan ke lokasi terdampak gempa dengan menggunakan helikopter militer. Namun insiden terjadi dalam perjalanan menuju Pinotepa de Don Luis pada Jumat 16 malam waktu setempat.

Dalam keterangannya kepada televisi setempat, Televisa, Navarete menyatakan dirinya dan Murat tidak mengalami luka serius dalam insiden itu. Pilot helikopter militer itu kehilangan kendali saat akan melakukan pendaratan.

Insiden terjadi saat helikopter itu berada di ketinggian 40 meter di atas permukaan bumi. Helikopter itu mengudara dari Mexico City menuju Pinotepa de Don Luis. "Sayangnya, dua orang yang ada di daratan kehilangan nyawa mereka dalam insiden itu," sebut Navarete.

Ia menyebutkan, beberapa penumpang lainnya mengalami luka-luka dalam insiden ini. Salah satu reporter Televisa yang juga berada di dalam helikopter yang sama menuturkan, helikopter itu tiba-tiba anjlok setelah memicu kumpulan debu banyak di lokasi pendaratan.

Sementara itu, tayangan televisi setempat menunjukkan, helikopter militer itu terguling ke samping, dikelilingi sejumlah kendaraan. Penyebab pasti insiden tersebut masih belum diungkapkan ke publik.

"Disayangkan, beberapa orang di lapangan kehilangan nyawa mereka dan beberapa orang lainnya mengalami luka-luka. Belasungkawa saya untuk kerabat Anda, dan harapan saya agar korban luka segera sembuh," kata Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,