13 Orang Tewas, Helikopter Jatuh Setelah Gempa di Meksiko

13 Orang Tewas, Helikopter Jatuh Setelah Gempa di Meksiko

Helikopter militer Meksiko jatuh di sebuah kota kecil di negara bagian selatan Oaxaca. (foto - Reuters)

Mexico City - Helikopter militer Meksiko yang jatuh saat meninjau kerusakan gempa di sebuah kota kecil di negara bagian selatan Oaxaca, menewaskan 13 orang. Tiga orang di antaranya anak-anak.
 
Seperti dilansir Reuters, Sabtu (17/2/2018) helikopter yang membawa Menteri Dalam Negeri Meksiko Alfonso Navarete dan Gubernur Oaxaca Alejandro Murat itu, jatuh menimpa dua mobil van di lapangan terbuka ketika mencoba mendarat di Santiago Jamiltepec.
 
"Navarete dan Murat selamat dalam insiden tersebut. Namun, 12 orang tewasa di tempat kejadian dan seorang lainnya meninggal saat dibawa ke rumah sakit," demikian bunyi pernyataan kantor jaksa agung Oaxaca. Selain itu, 15 orang lainnya mengalami luka-luka.
Seperti diketahui, Navarete dan Murat melakukan kunjungan ke lokasi terdampak gempa menggunakan helikopter militer. Namun dalam perjalanan menuju Pinotepa de Don Luis terjadi insiden, pada Jumat 16 Februari malam waktu setempat. 

Kepada televisi setempat Televisa, Navarete menyatakan dirinya dan Murat tidak mengalami luka yang serius. Beberapa penumpang lainnya mengalami luka-luka dalam insiden itu.

Menurut Navarete, pilot helikopter militer yang ia tumpangi kehilangan kendali saat melakukan pendaratan. Insiden terjadi saat helikopter itu berada pada ketinggian hanya 40 meter di atas permukaan bumi. Helikopter itu mengudara dari Mexico City menuju Pinotepa de Don Luis. 

Salah seorang reporter Televisa yang juga ikut dalam helikopter itu mengatakan, helikopter itu tiba-tiba anjlok setelah memicu kumpulan debu banyak di lokasi pendaratan. Tayangan televisi setempat menunjukkan helikopter militer itu terguling ke samping, dikelilingi sejumlah kendaraan. 
 
Sejauh ini, penyebab pasti insiden tersebut belum diungkapkan ke publik. Gempa berkekuatan 7,2 SR menyebabkan hampir satu juta rumah dan bisnis tanpa listrik di Mexico City selatan, dan merusak setidaknya 50 rumah di Oaxaca. Gempa ini tak memicu adanya korban jiwa. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,