'Perang' Teriakan Warnai Undian Norut Parpol Pemilu 2019

'Perang' Teriakan Warnai Undian Norut Parpol Pemilu 2019

Situasi di depan Gedung KPU Jalan Imam Bonjol Jakarta Pusat saat pengundian nomor urut parpol peserta Pemilu 2019. (foto - ist)

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar pengundian dan penetapan nomor urut partai politik (Parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Gedung KPU Jalan Imam Bonjol Jakarta Pusat, Minggu (18/2/2018) malam.

Selain diikuti oleh para petinggi parpol, pendukung pun turut membuat panas suasana saat menanti penetapan nomor. Bentrokan kecil pun terjadi di antara para pendukung partai.

Namun demikian, keributan antar-pendukung dipicu oleh dukungan mereka terhadap calon presiden jagoan mereka. Pendukung partai yang sempat "perang" yakni pendukung Partai Hanura dan pendukung PSI dan PDIP.

Sambil membentangkan bendera Hanura, mereka meneriakkan dukungan terhadap Jokowi sebagai presiden. Kontan saja hal itu mendapat perlawanan dari pendukung Partai Gerindra.

Teriakan dukungan kepada Prabowo Subianto pun menggema, meski tak selantang teriakan untuk Jokowi. "Jokowi presiden," kata massa beratribut Partai Hanura dan beberapa orang beratribut PSI.

Teriakan itu lalu dibalas 'Prabowo Presiden' yang dilantangkan oleh pendukung Gerindra sambil mengibarkan bendera. Meski begitu, keributan tak sampai terjadi adu fisik antara keduanya. Meski situasinya memanas, kedua belah pihak 'sibuk' dengan euforia masing-masing.

Pengundian itu sendiri diikuti oleh para pengurus 14 partai politik. PKB akhirnya berada pada nomor urut 1 dan Partai Gerindra, PDI Perjuangan dan Golkar berada di nomor urut 2, 3 dan 4. Sementara Demokrat berada pada posisi buncit nomor 14. (Jr.)**

Nomor urut 14 parpol peserta Pemilu 2019: 

1. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).
2. Gerindra
3. PDI Perjuangan
4. Partai Golkar
5. Partai Nasdem
6. Partai Garuda
7. Partai Berkarya
8. PKS
9. Perindo
10. PPP
11. PSI
12. PAN
13. Hanura
14. Demokrat

.

Categories:Politik,
Tags:,