Paus Tujuh Meter Diketemukan Membusuk di Aceh Singkil

Paus Tujuh Meter Diketemukan Membusuk di Aceh Singkil

Bangkai paus terdampar di Pulau Asoq Kecamatan Pulau Banyak Kabupaten Aceh Singkil Provinsi Aceh. (foto - BKSDA Aceh)

Banda Aceh - Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh menemukan bangkai paus di Pulau Asoq Kecamatan Pulau Banyak Kabupaten Aceh Singkil Provinsi Aceh, Senin (19/2/2018).

Ketika menemukan bangkai paus itu, BKSDA Aceh turut dibantu Danpos Angkatan Laut, Personel Posal dan Personel Koramil 01 Pulau Banyak. Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo mengatakan, penemuan bangkai paus itu bermula ketika Kepala Resort Pulau Banyak BKSDA Aceh, Kliwon menerima laporan dari nelayan, ada bangkai paus di pulau itu.

Kliwon kemudian melaporkan informasi tersebut kepada Danpos AL Letda Wiwin Yuliato. "Pukul 14.50 WIB, tim gabungan gabungan bergerak dari dermaga Syahbandar menuju Pulau Asoq menggunakan sarana speed boat," kata Sapto.

Menurutnya, pada pukul 15.15 WIB petugas menemukan ikan paus yang telah mati berukuran tujuh meter, terdampar di Pulau Asoq. Saat ditemukan, mamalia terbesar itu dalam kondisi yang sudah membusuk.

"Ditemukan ikan paus berukuran tujuh meter yang terdampar di Pulau Asoq dalam keadaan membusuk. Diperkirakan mati sudah dua minggu yang lalu. Rencananya paus itu akan dikubur oleh masyarakat nelayan Ujung Sialit Kecamatan Pulau Banyak Barat di Pulau Asoq," tegas Sapto.

Sapto menjelaskan, pihaknya tidak melakukan pemeriksaan atau pembedahan terhadap bangkai paus tersebut, untuk mencari tahu penyebab kematiannya. Hal itu dikarenakan kondisi mamalia tersebut yang sudah sangat rusak.

"Karena sangat rusak, jadi tidak memungkinkan untuk kita periksa. Menurut data, tahun 2017 lalu ada 4 paus mati karena terdampar. Sementara pada tahun ini, baru kali ini meruakan temuan pertama," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,