Empat Jongko di Pasar Terminal Majalaya Tertimpa Pohon

Empat Jongko di Pasar Terminal Majalaya Tertimpa Pohon

Pohon Kihujan tumbang timpa jongko pedagang di depan Pasar Terminal Majalaya Kabupaten Bandung. (foto - ist)

Bandung - Sedikitnya empat jongko pedagang yang berada di depan Pasar Terminal Majalaya Kabupaten Bandung hancur tertimpa pohon tumbang. Pohon Kihujan setinggi hampir 15 meter itu tumbang menimpa jongko pedagang, di tengah guyuran hujan deras disertai angin kencang.
 
Saat kejadian, aktivitas jual beli di pasar tersebut tengah ramai. "Jongko yang tertimpa ada empat, yakni jongko ikan pindang, pisang dan sayuran," kata sejumlah pedagang, Rabu (21/2/2018).
 
Menurut para pedagang, hujan disertai angin tersebut terjadi sekitar pukul 15.00 WIB dengan durasi sekitar 30 menit. Hujannya cukup besar, karena takut para pedagang pun berlindung ke bangunan terminal. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, sedangkan barang-barang milik para pedagang yang jongkonya tertimpa pohon sebagian tertimbun reruntuhan.
 
Ketika kejadian, Hasbi (29) pedagang ikan pindang yang jongkonya tertimpa pohon tengah duduk-duduk bersama istri dan anaknya. Mengetahui ada pohon akan tumbang mereka pun langsung lari untuk menyelamatkan diri. "Saya lari ke sebelah kiri, kalau lari ke sebelah kanan mungkin tertimpa reruntuhan," ungkapnya.
 
Kabid Kedaruratan Kebencanaan BPBD Kabupaten Bandung Heru Kiatno menyatakan, laporan pohon tumbang dan menimpa jongko pedagang diterimanya sekira pukul 16.30 WIB. "Untuk kerusakan di wilayah lain anggota di lapangan sedang melakukan asessment," katanya.
 
Sejumlah personel dari Koramil Majalaya dibantu aparat Polsek Majalaya dan warga sekitar, langsung membersihkan pohon yang tumbang tersebut. Proses pembersihan dilakukan menggunakan alat seadanya, yakni hanya menggunakan golok.
 

"Kalau langsung batangnya yang dipotong, nanti jatuh ke bagian jongko sebelah, jadi harus dahan-dahannya dulu yang dipotong," kata Serka Arh 3 Nanang Edi Purwanto. Ia mengaku kesulitan untuk membersihkan dahan-dahan pohon itu karena hujan terus mengguyur. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,