Gorong-gorong Amblas, Subang - Purwakarta tak Bisa Dilintasi

Gorong-gorong Amblas, Subang - Purwakarta tak Bisa Dilintasi

Gorong-gorong amblas di ruas jalan antara Kabupaten Subang dan Purwakarta jalur Wanayasa - Sagalaherang - Jalancagak. (foto - ist)

Subang - Ruas jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Subang dan Purwakarta jalur Wanayasa - Sagalaherang - Jalancagak terputus tak bisa dilalui kendaraansejak Rabu malam. Hal itu akibat amblasnya gorong-gorong bawah badan jalan di wilayah Cipacing Desa Sagalaherang Kaler Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang.
 
Akibatnya, jalur Wanayasa Kabupaten Purwakarta - Serangpanjang - Sagalaherang - Jalancagak kabupaten subang untuk sementara ditutup. Saat ini hanya sepeda motor yang bisa melintas, itu pun diatur secara bergantian. Sedangkan untuk mobil berukuran kecil dialihkan ke jalur alternatif.
 
Berdasarkan informasi dari warga, Kamis (22/2/2018) menyebutkan, amblasnya gorong-gorong terjadi bersamaan dengan tingginya curah hujan sejak Rabu sore. Kuatnya arus air membuat gorong-gorong tergerus dan akhirnya amblas.
 
Air sempat meluap ke badan jalan akibat tersumbat reruntuhan gorong-gorong. Sedangkan di bahu jalan bagian kiri (arah Purwakarta - Subang) amblas membentuk lubang yang cukup besar. Selain itu bagian tanah di bawah jalan juga tergerus, hingga posisi badan jalan bergantung.
 
Petugas TNI dan Polri yang tiba dilokasi akhirnya menutup jalan itu dan mengalihkan arus lalu lintas ke jalan alternatif. Seperti dari arah purwakarta di sekitar alun alun Sagalaherang bisa melalui Panaruban hingga keluar di Ciater. Demikian pula dari Subang.
 
"Petugas dari Dalmas, Lantas dan Polsek sudah sejak malam melakukan pengaturan arus lalu lintas di lokasi," kata Wakapolres Subang Eko Munarianto. Menurutnya, jalur Subang - Purwakarta ditutup sementara sebagai upaya antisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,