Longsor Menerjang Brebes Tewaskan 5 Orang dan 18 Hilang

Longsor Menerjang Brebes Tewaskan 5 Orang dan 18 Hilang

Longsor di kawasan hutan produksi Perhutani BKPH Salem petak 26 RPH Babakan Desa Pasir Panjang Kecamatan Salem Kabupaten Brebes. (foto - BPBD)

Brebes - Korban longsor yang menerjang Desa Pasir Panjang Kecamatan Salem Kabupaten  Brebes Jawa Tengah jumlahnya terus bertambah. Namun, pencarian terhadap korban hilang masih belum bisa dilakukan karena sulitnya medan.
 
Data sementara dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis (22/2/2018) malam menyebutkan, longsor menyebabkan 5 orang tewas dan 14 luka-luka. Sedangkan jumlah korban yang hilang bertambah menjadi 18 orang.
 
"Semua korban sudah dikenali identitasnya. Ke-18 orang yang hilang tersebut diduga tertimbun longsor dan hanyut ke Sungai Cigunung," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya.
 
Tim gabungan dan warga hanya menyisir sungai untuk mencari korban hanyut. "Tidak mudah untuk mencari korban tertimbun longsor karena kondisi lapangan. Kendalanya, yakni adanya potensi longsor susulan, material tanah gembur, luas, tebal dan cuaca yang berpotensi hujan," tegas Sutopo. 
 
Sementara itu, pencarian dilakukan secara manual dan belum menggunakan alat berat. Sesuai prosedur, pencarian akan dilakukan selama 7 hari dan ditambah 7 hari lagi jika masih belum ditemukan.
 
Diketahui, lima orang korban meninggal teridentifikasi Karsini, Sapto, Wati, Radam dan Kiswan. Tim SAR gabungan terdiri atas BPBD, TNI, Polri, Basarnas, PMI, Tagana, relawan dan masyarakat setempat terlibat langsung dalam evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban.
 
Menurut Sutopo, BPBD Kabupaten Brebes tengah mengajukan penetapan status tanggap darurat bencana longsor kepada Bupati. Rencana masa tanggap darurat selama 14 hari, terhitung mulai 22 Februari 2018 hingga 7 Maret 2018. 
 
Status tanggap darurat tersebut diperlukan untuk kemudahan akses penanganan darurat longsor. "Pendataan masih dilakukan. Saat masa darurat seperti saat ini data akan selalu bergerak. Korban hilang didasarkan pada laporan warga sekitar," katanya.
 
BNPN mengimbau masyarakat untuk tidak mendekati lokasi longsor di Brebes, karena berbahaya adanya longsor susulan. Apalagi jika terjadi hujan, material longsor yang labil akan memudahkan terjadi longsor susulan. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,