4 Dusun di Ciniru Kuningan Longsor, 1.500 Jiwa Mengungsi

4 Dusun di Ciniru Kuningan Longsor, 1.500 Jiwa Mengungsi

Empat dusun di Kecamatan Ciniru Kabupaten Kuningan diterjang longsor. (foto - ist)

Kuningan - Sedikitnya empat dusun di Kecamatan Ciniru Kabupaten Kuningan diterjang longsor. Keempat dusun tersebut yakni Dusun Babakan, Cihanjuang, Cijoho dan Pinara.
 
Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Agus Mauludin mengatakan longsor tersebut diakibatkan hujan yang terus menerus mengguyur wilayah Kuningan. Akibat longsor tersebut sekitar 1.500 jiwa terpaksa mengungsi.
 
"Ada empat titik pengungsian, yakni di Lapang Benang, Datar Cijoho, Dusun Ciporang dan SD Infres serta Balai Desa Pinara," katanya, Sabtu (24/2/2018).
 
Namun demikian, setelah dievakuasi menjadi dua titik pengungsian di antaranya di Desa Ciniru Gedung PGRI dan ruang rumawat dengan jumlah pengungsi sebanyak 97 KK atau 323 jiwa, dan masyarakat yang dari Dusun Babakan mengungsi ke Desa Gunungmanik.
 
"Penanganan sementara kami menurunkan tim assessment dan masyarakat Desa Pinara dievakuasi ke Desa Gunungmanik dan Desa Pinara," katanya.
 
Sebelumnya, berdasarkan keterangan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, gerakan tanah tersebut terus mengancam warga di Kabupaten Kuningan, khususnya di kecamatan Cilebak.
 
"Apalagi intensitas curah hujan diperkirakan akan terus meningkat hingga Februari mendatang," katanya. Untuk penanganan gerakan tanah atau longsor di Kuningan, hingga saat ini ada di beberapa lokasi, yakni di Kecamatan Cilebak, Desa Cilebak, Desa Bungurberes, Desa Legokherang dan Desa Patala. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,