Giliran Pulau Buru Diguncang Gempa Berkekuatan 6,1 SR

Giliran Pulau Buru Diguncang Gempa Berkekuatan 6,1 SR

Pulau Buru Maluku diguncang gempa bui berkekuatan 6,1 SR. (foto - BMKG)

Jakarta - Gempa bumi berkekuatan 6,1 pada skala Richter mengguncang Pulau Buru Maluku, Senin (26/2/2018) sekitar pukul 20.34 WIB.

Berdasarkan informasi dari Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa berpusat di laut pada jarak 70 kilometer arah Timur laut Pulau Buru, dengan kedalaman 45 kilometer.

Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami Daryono dalam keterangannya menyebutkan, dampak gempa berupa guncangan dirasakan kuat di Namlea dalam skala intensitas III-IV MMI, di Kairatu II-III MMI.

"Banyak warga di Namlea dilaporkan panik berlarian keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Namun, hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan".

Apabila ditinjau dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak gempa bumi yang terjadi tersebut merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas Subduksi Seram.

Hal itu sesuai dengan hasil analisis mekanisme sumber yang berupa sesar naik (thrust fault). Sejauh ini, hasil monitoring BMKG menunjukkan telah terjadi 1 kali aktivitas gempa susulan (aftershock) dengan kekuatan M 3,7. (Jr.)**

 

.

Categories:Daerah,
Tags:,