Ribuan Warga Kuningan Dievakuasi, 3 Desa Masih Terisolasi

Ribuan Warga Kuningan Dievakuasi, 3 Desa Masih Terisolasi

Ribuan warga di tiga desa kecamatan berbeda di Kuningan terpaksa mengungsi. (foto - @asadsadly)

Kuningan - Sedikitnya tiga desa  di kecamatan berbeda di  Kabupaten  Kuningan Jawa Barat masih terisolasi,  akibat bencana longsor dan pergerakan tanah. Tiga desa yakni Desa Jabranti Kecamatan Karangkancana, Desa Pinara Kecamatan Ciniru dan Desa Cipakem Kecamatan Maleber Kabupaten Kuningan.

"Masih ada tiga desa yang terisolasi akibat bencana longsor dan pergerakan tanah," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan Jawa Barat (Jabar) Agus Mauludin Selasa (27/2/2018).

Ia menjelaskan, akses menunju ke tiga desa tersebut sangat sulit karena jalan juga terputus serta medan yang cukup berat. Selain itu, kondisi cuaca masih menjadi kendala bagi Tim SAR untuk melakukan evakuasi. "Kendala utama yang kami hadapi adalah cuaca," katanya.

Sejauh ini, petugas gabungan terdiri atas BPBD, TNI, Polri dan relawan masih melakukan evakuasi serta pembersihan material sisa longsor yang menutup akses masyarakat. "Kami masih melakukan evakuasi juga membuka akses yang tertutup longsor".

Evakuasi terhadap sebanyak 1.312 warga Desa Jabranti Karangkancana. Ribuan warga yang rata-rata tinggal di lereng perbukitan itu terpaksa dievakuasi karena rumah mereka terkena longsor dan tanah bergerak. Petugas mengalami kesulitan lantaran proses evakuasi menggunakan jalur darat dengan cara berjalan kaki. 

Bahkan, petugas, relawan dan pengungsi harus melintasi sungai beraliran deras, karena akses jembatan telah putus. Sejumlah lansia harus digotong dengan tandu karena tidak sanggup berjalan dengan kondisi medan yang berat. "Menghindari terjadinya korban jiwa, evakuasi kami lakukan karena dikhawatirkan terjadi longsor susulan,” tegas Agus.

Diketahui, ada sekitar 2.500 jiwa lebih warga di Kabupaten Kuningan yang terpaksa mengungsi akibat di daerahnya terkena longsor dan pergerakan tanah. Bencana itu diakibatkan intensitas hujan yang tinggi beberapa hari yang lalu, menyebabkan beberapa desa di Kabupaten Kuningan longsor dan juga timbul pergerakan tanah. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,