Sumur Meledak Gegerkan Warga Borobudur Utara Semarang

Sumur Meledak Gegerkan Warga Borobudur Utara Semarang

Lokasi sumur yang meledak di Jalan Borobudur Utara VI Manyaran Semarang. (foto - ist)

Semarang - Sebuah Sumur umum yang sudah tak digunakan di Jalan Borobudur Utara VI Manyaran Semarang Barat meledak dan mengeluarkan asap putih. Akibat ledakan itu, kaca mobil angkot yang terpakir di dekatnya pun pecah.
 
Selain memecahkan kaca mobil angkot, kaca rumah milik Imam Kismono (68) yang berjarak 7 meter dari sumur juga pecah. Menurut Imam, peristiwa terjadi pada Senin  26/2/2018 sekitar pukul 10.30 WIB.
 
Ketika itu, ia tengah duduk di dekat sumur tua itu yang berjarak sekitar 5 meter. "Saya habis bersih-bersih teras, lalu istirahat. Tiba-tiba ada ledakan kenceng banget, lalu saya lari ke arah rumah," katanya.
 
Ia menduga, ledakan itu berasal dari mobil angkot yang diparkir dekat sumur. Namun ternyata sumur itulah yang meledak hingga mulut sumur luluh lantak dan mengeluarkan asap. Ledakan yang berasal dari sumur tua itu pun membuat kaget warga sekitar.
 
Bahkan, warga tak berani mendekat karena tercium aroma gas. Satu unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi. Tak butuh waktu lama, petugas berhasil mengatasi asap yang keluar dari sumur itu. Meski sudah tidak mengeluarkan asap, bau gas dari dalam sumur masih terasa.
 
Keberadaan sumur itu pun sudah lama ada sekitar 35 tahun. Menurur Ketua RT setempat Awaludin, dulunya sumur yang kedalamannya sekitar 25 meter itu digunakan warga bersama untuk memenuhi kebutuhan air bersih.
 
"Namun setelah ada PDAM, sumur itu tidak lagi digunakan dan sekitar 9 tahun yang lalu kami tutup dengan semen dan diberi ventilasi. Karena takutnya membahayakan anak-anak kalau sumur itu tak ditutup secara permanen," katanya.
 
Dugaan sementara, ledakan berasal dari tumpukan sampah yang memenuhi dalam sumur. Petugas Polsek Semarang Barat tiba di lokasi meminta keterangan sejumlah saksi. Di sekitar sumur juga dipasang garis pembatas agar warga tak mendekat, karena aroma gas masih tercium. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,