Pakistan Tahan 60 Nelayan India

Pakistan Tahan 60 Nelayan India

Pakistan Tahan 60 Nelayan India

Karachi - Pasukan marinir Pakistan telah menahan lebih dari 60 nelayan India karena melanggar wilayah perairan di Laut Arab, kata polisi, Jumat (21/11/2014).
 
Para nelayan itu memasuki perairan Pakistan kemarin dan Badan Keamanan Maritim Pakistan (MSA) menangkap mereka dan menyerahkannya kepada pihak kepolisian.
 
"MSA telah menyerahkan lebih dari 61 nelayan kepada kami dan 11 kapal mereka," kata pejabat tinggi kepolisian Sheeraz Nazir kepada AFP.
 
Nelayan-nelayan itu diserahkan kepada polisi guna menjalani proses hukum lebih lanjut, yang pada umumnya berarti hukuman penjara selama berbulan-bulan --dan bahkan bertahun-tahun.
 
Penangkapan seperti itu seringkali dilakukan oleh kedua negara. Perbatasan maritim di Laut Arab memiliki penentuan yang lemah dan banyak kapal penangkap ikan tidak memiliki teknologi yang diperlukan untuk memastikan posisi mereka.
 
Para nelayan yang berada di penjara kerap merana, bahkan setelah mereka menyelesaikan masa hukuman, karena buruknya hubungan diplomatik antara kedua negara sehingga tuntutan resmi bisa menghabiskan waktu lama.
 
Hubungan antara kedua negara yang dipersenjatai nuklir itu telah memburuk dalam bulan-bulan terakhhir ini, yang diwarnai dengan insiden penembakan terburuk di perbatasan wilayah sengketa Kashmir. (AY)
.

Categories:Internasional,