Diguyur Hujan, 'Bogor Street Festival Cap Go Meh' Meriah

Diguyur Hujan, 'Bogor Street Festival Cap Go Meh' Meriah

Perayaan Cap Go Meh di Vihara Danagun dan Kirab Budaya 2018 di Kota Bogor. (foto - ist)

Bogor - Pesta Rakyat  "Bogor Street Festival Cap Go Meh"  di Jalan  Suryakencana berlangsung meriah,  meski diwarnai guyuran hujan. Hujan turun sekitar pukul 15.40 bertepatan dengan pembukaan acara, Jumat (2/3/2018).

Pembukaan agenda akbar tahunan di Kota Bogor itu dipadati oleh pengunjung yang berasal dari dalam maupun luar Kota Bogor. Pesta rakyat Cap Go Meh dihadiri pula oleh sejumlah pejabat negara dan pemerintah Kota Bogor, antara lain Ketua MPR Zulkifli Hasan, plt Walikota Bogor Usmar Hariman serta empat pasang calon walikota Bogor.

Perayaan Cap Go Meh yang dipusatkan di Vihara Dhanagun Jalan Suryakencana itu, diawali dengan arak-arakan budaya dan seni Nusantara. Berlangsung mulai dari Tugu Lawang Suryakencana dan berakhir di Vihara Budasena Jalan Siliwangi.

Pembacaan wangsit Siliwangi pin mengawali acara yang dilanjutnkan berbagai macam tarian nusantara. Pembacaan doa dan harapan oleh enam pemuka agama juga menjadi penanda dimulainya pesta rakyat tersebut.  

Kirab budaya dimulai dengan dipukulnya bedug oleh Zulkifli Hasan dan Usmar Hariman. Dengan dipukulnya bedug, pawai budaya yang menampilkan ribuan peseni dan budaya Nusantara memulai melakukan atraksi mereka secara bergantian.

Menurut Usmar, meski turun hujan Bogor Street Festival CGM 2018 berlangsung meriah. Ditandai dengan tingginya antusias masyarakat yang datang untuk melihat atraksi budaya. Juga banyaknya peserta kirab budaya menjadi pertanda meriahnya pesta rakyat, yang sudah berlangsung sejak puluhan tahun itu.

"Lebih dari 100.000 warga turut  menyaksikan acara itu. Ini agenda tahunan yang menjadi ciri khas Kota Bogor sebagai destinasi wisata budaya," kata Usmar.

Sementara Zulkifli Hasan menuturkan, acara perayaan CGM di Kota Bogor ini begitu meriah dan indah. Ia berpendapat dengan adanya acara ini menunjukkan, Indonesia memiliki kekayaan budaya dan hal itu merupakan anugerah.

"Acara tersebut begitu indah. Indah masyarakatnya dan budayanya. Meski hujan tetap berkumpul itu merupakan wujud persatuan. Mudah-mudahan hujan ini membawa berkah untuk Kota Bogor dan Bangsa kita ini," ujarnya. (Jr.)**

.

Categories:Hiburan,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait