Kanal di Belanda Beku Dimanfaatkan Warga Main Seluncur

Kanal di Belanda Beku Dimanfaatkan Warga Main Seluncur

Suasana warga bermain seluncur es di Kanal Prinsengracht Utara Belanda yangmembeku. (foto - AP)

Amsterdam - Salju menyelimuti sebagian besar wilayah Eropa  termasuk kawasan Mediterania,  yang dipicu oleh embusan angin lingkar kutub dari Siberia. Embusan angin yang disebut "Beast from the East" atau "Monster dari Timur" itu membekukan Eropa.

Temperatur terendah tercatat mencapai minus 30 derajat Celsius. Setidaknya, tujuh orang dilaporkan tewas sejak akhir Februari 2018 dalam kondisi tak biasa itu. "Beast from the East" menyebabkan kekacauan di banyak negara, seperti ratusan penerbangan dibatalkan di Inggris, Irlandia dan Swiss.

Jalur kereta api pun lumpuh. Pengemudi mobil terjebak di jalan raya yang tertutup salju dan menderita hipotermia ringan selama berjam-jam. "Ini adalah cuaca yang sangat tidak biasa dan jarang terjadi di negara ini," kata Sekretaris Transportasi Inggris Chris Grayling, seperti dikutip dari TIME, Sabtu (3/3/2018).

Bahkan, salju setinggi tiga meter telah menutupi wilayah Irlandia timur. Para wisatawan dilaporkan terdampar di selatan dan barat Dublin. Udara dingin juga membekukan Prinsengracht, sebuah kanal bersejarah di Amsterdam Belanda. Air yang biasanya mengalir di Prinsengracht berubah total menjadi lapisan es tebal.

Orang-orang pun berbondong-bondong menyerbunya, mengenakan sepatu seluncur es dan melintasi permukaan kanal dengan leluasa. Banyak juga wisatawan yang melakukan swafoto untuk mengabadikan momen langka tersebut.

"Keren sekali. Anda bisa bergerak cepat dan melihat dunia dari perspektif yang sedikit berbeda," kata seorang turis asal Belanda, Noldus Reijnders. Uniknya, di Amsterdam tidak ada yang mengeluh tentang flu. Warga setempat dan pelancong asing tampak sangat menikmati musim dingin tahun ini.

Seorang wanita bahkan terlihat membawa anjingnya berjalan-jalan di sepanjang kanal beku. Meski begitu, pihak berwenang tetap mengerahkan sejumlah pasukan untuk berjaga-jaga, kalau saja hal buruk terjadi di kanal Prinsengracht yang terletak di utara Belanda.

Pasalnya, di sana terlihat beberapa lubang dan masih ada bagian yang tidak membeku sama sekali. "Jika Anda tenggelam ke dalam es karena ada beberapa tempat berbahaya, maka anda masih bisa menyelamatkan diri sendiri dengan aman," kata Reijnders. (Jr.)**

.

Categories:Wisata,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait