Keunikan 'The Shape of Water' Sukses Raih Piala Oscar 2018

Keunikan 'The Shape of Water' Sukses Raih Piala Oscar 2018

Sutradarai Guillermo del Toro menerima Piala Oscar 2018 dalam kategori Film Terbaik di ajang Academy Awards ke-90. (foto- Reuters)

Los Angeles - "The Shape of Water" berhasil memenangkan Piala Oscar 2018, dalam kategori Film Terbaik di ajang Academy Awards ke-90. The Shape of Water berhasil menaklukkan lawan-lawanya seperti Get OutLady Bird dan Three Billboards Outside Ebbing, Missouri favorit pencinta film.

Film yang disutradarai Guillermo del Toro tersebut memang mendapat banyak pujian dan sudah meraih sejumlah piala, termasuk di Golden Globe 2018. Sejak awal, memang banyak yang memperkirakan The Shape of Water meraih banyak nominasi dan penghargaan.

Kendati tak mendapatkan gelar Film Terbaik di ajang Golden Globe 2018, film drama-fantasi itu disebut-sebut sebagai film terbaik del Torro, setelah Pan’s Labyrinth. The Shape of Water juga menampilkan akting terbaik dari para pemeran utamanya, seperti Sally Hawkins, Michael Shannon, Richard Jenkins ataupun Octavia Spencer.

Film ini sudah dirilis pada Desember 2017 lalu dan cukup sukses, meski bukan termasuk film box office yang meraih pemasukan ratusan juta dolar. Dengan 13 nominasi yang didapat di Oscar 2018, The Shape of Water menyamai rekor nominasi terbanyak yang sebelumnya dipegang oleh dua film, yakni Forrest Gump dan The Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring.

Hasilnya, dua film itu masing-masing memenangkan 6 dan 11 piala. Sementara The Shape of Water sendiri memperoleh empat penghargaan dalam Piala Oscar 2018. Yakni Sutradara Terbaik, Desain Produksi Terbaik, Skoring Musik Orisinal Terbaik dan sebagai Film Terbaik.

The Shape of Water menghadirkan kisah yang unik yaitu tentang seorang wanita bisu. Wanita itu jatuh cinta dengan manusia ikan, yang sedang dikurung untuk sebuah eksperimen dalam laboratorium rahasia milik pemerintah. Dari 13 nominasi yang didapatkan The Shape of Water di Oscar 2018, tiga di antaranya pada kategori akting.

Mereka adalah Sally Hawkins (Aktris Utama Terbaik), Richard Jenkins (Aktor Pendukung Terbaik) dan Octavia Spencer. Pencapaian itu menandakan The Shape of Water jadi ‘pameran’ kehebatan akting para pemainnya.

Guillermo de Toro sudah menyiapkan The Shape of Water sejak 2011, dan butuh waktu sembilan bulan untuk menciptakan karakter makhluk ikan dengan mengambil ide dari sejumlah film klasik. Del Torro juga sempat membuat laboratorium khusus untuk menyiapkan film ini.

Ia mengakui, Sally Hawkins adalah pilihan utamanya dalam memerankan karakter utama di The Shape of Water, Elisa Esposito. Saat menulis naskahnya bersama Vanessa Taylor, del Torro bahkan sudah membayangkan sosok Hawkins yang akan berperan sebagai Elisa.

Pada awalnya, Guillermo del Toro ingin menayangkan The Shape of Water dalam format hitam-putih agar terasa lebih dramatis. Namun, hal itu batal dilakukan karena keterbatasan biaya. Hasilnya ternyata tetap luar biasa dan meraih 13 nominasi di Oscar 2018. (Jr.)**

.

Categories:Film,
Tags:,