Wilayah Jabar Berpotensi Hujan Deras Hingga 10 Maret 2018

Wilayah Jabar Berpotensi Hujan Deras Hingga 10 Maret 2018

Banjir yang masih menggenangi Jalan Raya Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. (foto - Twitter)

Bandung - Wilayah di Jawa Barat merupakan salah satu di antara sejumlah daerah di Indonesia, yang potensi hujan lebatnya meningkat dalam kurun 7 hingga 10 Maret 2018.

Demikian keterangan yang disampaikan Deputi Bidang Meteorologi Drs. R Mulyono Rahadi Prabowo MSc, leat keterangan yang melalui siaran pers Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung, Selasa (6/3/2018).

Sementara wilayah lain di luar Jawa Barat yang juga berpotensi hujan lebat, yakni Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Tengah bagian selatan, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku dan Papua Barat.

Menurut Mulyono, kondisi atmosfer saat ini hingga beberapa hari ke depan diindikasikan mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut ditandai dan terdeteksi dari adanya aliran udara basah dari Samudera Hindia ke wilayah Indonesia.

Diperkirakan, kondisi itu akan mengakibatkan potensi hujan dengan intensitas lebat terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Karena adanya situasi potensi cuaca ekstrem tersebut, BMKG mengeluarkan beberapa imbauan kepada masyarakat.

Untuk itu, masyarakat diimbau untuk mewaspada potensi genangan, banjir maupun longsor bagi yang tinggal di wilayah berpotensi hujan lebat, terutama di daerah rawan banjir dan longsor. 

Selain itu, masyarakat juga diimbau waspada terhadap kemungkinan hujan disertai angin, yang dapat menyebabkan pohon maupun baliho tumbang. Masyarakat diimbau agar tidak berlindung di bawah pohon jika hujan turun yang disertai petir. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,