5.000 Beasiswa bagi Pelajar Indonesia Studi di Malaysia

5.000 Beasiswa bagi Pelajar Indonesia Studi di Malaysia

Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Datuk Seri Zahrain Mohamed Hashim. (foto - ist)

Jakarta - Pemerintah Malaysia melalui kedutaan besarnya di Jakarta akan menggelar pameran pendidikan, bekerja sama dengan sejumlah universitas ternama di Malaysia. Pameran pendidikan bertajuk 'Ayo Kuliah di Malaysia' ini akan diselenggarakan pada 10-11 Maret di Kompleks Kedutaan Besar Malaysia di Kuningan Jakarta.

Menurut Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Datuk Seri Zahrain Mohamed Hashim, pemberian beasiswa itu terbesar sepanjang sejarah hubungan Indonesia-Malaysia. "Indonesia adalah negara pertama yang mendapat peluang 5.000 beasiswa dari negeri kami," katanya di Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta, Rabu (7/3/2018).

Di ajang ini Pemerintah Malaysia memberi peluang kepada para pelajar Indonesia dengan menawarkan 5.000 beasiswa, di 29 universitas. Tercakup bagi calon mahasiswa S1, S2 dan S3 untuk tahun akademik 2018/2019. Adapun 29 universitas tersebut terdiri atas 8 universitas negeri, 20 universitas swasta dan 1 universitas internasional.

Zahrain berharap, dengan dibukanya peluang beasiswa itu dapat meningkatkan hubungan baik antara kedua negara, "Kami mengundang pelajar Indonesia untuk melihat Malaysia lebih dekat," katanya. Malaysia bisa menjadi pilihan bagi warga negara Indonesia yang ingin memperoleh pendidikan berkualitas dengan harga terjangkau.

Dua beasiswa yang ditawarkan, yakni merit dan parsial. Beasiswa merit diberikan kepada calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik yang baik. Diberikan bagi program S1 oleh universitas swasta, penempatan akan dipilih langsung oleh universitas yang bersangkutan dan potongan biaya kuliah 80-100 persen.

Sedangkan beasiswa parsial diberikan bagi calon mahasiswa program studi S1, S2, S3 di sejumlah universitas negeri maupun swasta di Malaysia. Pemilihan dan penempatan akan dibuat oleh universitas terkait dan potongan biaya 10-50 persen. 

Selama pameran para pengunjung juga bisa melakukan pra-pendaftaran kepada kampus yang dituju. Stan Departemen Imigrasi Malaysia juga disediakan untuk membantu para pelajar Indonesia, yang ingin bertanya mengenai syarat pengajuan visa belajar. Pengunjung berkesempatan memenangkan undian dua tiket penerbangan Jakarta-Kuala Lumpur, yang dipersembahkan oleh Matrade Malaysia. (Jr.)**

.

Categories:Pendidikan,
Tags:,