Puluhan Warga Cikancung Keracunan Hidangan Hajatan

Puluhan Warga Cikancung Keracunan Hidangan Hajatan

Korban keracunan dirawat di RSUD Majalaya dan RSUD Cicalengka. (foto - ist)

Bandung - Puluhan warga Kampung Cipeundeuy Desa/Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung mengalami keracunan makanan, Rabu (7/3/2018) sekitar pukul 16.30 WIB. Diduga korban memakan hidangan dalam acara hajatan pernikahan salah seorang warga.

Kapolsek Cikancung AKP Ipan Taopik menyatakan, menjelang sore hari sebagian tamu undangan mengalami mual dan muntah-muntah, sehingga dilarikan ke RSUD Majalaya. Akibatnya petugas rumah sakit pun kewalahan karena banyaknya penderita.

Sebagian korban keracunan terpaksa dirujuk ke RSUD Cicalengka. "Korban dirawat di RSUD Majalaya ada 22 orang, di RSUD Cicalengka ada 35 orang, total ada 57 orang. Sebagian sudah pulang sebagian lagi masih diobservasi. Semua sudah membaik hanya mual-mual, muntah dan pusing," katanya.

Sejauh ini, kepolisian bersama pihak kecamatan langsung meninjau lokasi hajatan di kediaman Endang (50). Pihaknya langsung mengecek sejumlah menu hidangan prasmanan di pernikahan itu. "Makanan yang diduga mengandung racun ayam suwir, karena menjelang sore ayam sudah agak bau. Saat makan mungkin tidak terasa, namun efeknya setelah 2 jam baru terasa pusing, mual dan muntah," tegas Kapolsek.

Dari sejumlah korban memang banyak yang bertahan dan memilih untuk tidak ke rumah sakit. Mereka berusaha mengobati diri sendiri dengan cara banyak minum dan meminum air kelapa, sehingga tidak ke rumah sakit. Makanan prasmanan itu dimasak sendiri oleh pihak keluarga hajatan, bukan berasal dari pesanan catering.

Atas kejadian itu, seluruh sample makanan sudah diamankan pihak kepolisian untuk diuji di laboratorium. Selain itu tim Inafis Polres Bandung juga langsung meluncur ke TKP, untuk menyelidiki penyebab keracunan massal tersebut.

Ipan menambahkan, secara umum kondisi seluruh korban mulai membaik di dua rumah sakit, hanya menunggu obsevasi. Untuk biaya pengobatan dan lain-lain, pihak kepolisian sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, melalui kepala UPT Yankes (Pelayanan Kesehatan) Kecamatan. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,