Sabtu Ini Umat Hindu Rayakan Hari Tumpek Wariga

Sabtu Ini Umat Hindu Rayakan Hari Tumpek Wariga

Warga Bali, Melakukan Ritual Tumpek Wariga. (Foto: Net)

Denpasar  - Hari Sabtu (22/11/2014) ini umat Hindu Dharma di Bali merayakan hari Tumpek Wariga atau juga dikenal Tumpek Uduh, dengan melakukan persembahan suci yang khusus ditujukan untuk semua jenis tumbuh-tumbuhan, yang memberikan manfaat bagi kehidupan manusia.

"Kegiatan ritual itu digelar 25 hari menjelang Hari Suci Galungan, hari kemenangan Dharma (kebaikan) melawan Adharma (keburukan)," kata Direktur Program Doktor Ilmu Agama Pascasarjana Institut Hindu Dharma Indonesia Negeri (IHDN) Denpasar Dr I Ketut Sumadi, Sabtu (22/11/2014).

Ia mengatakan, kegiatan ritual Tumpek Uduh di masing-masing rumah tangga di Pulau Dewata itu menggunakan kelengkapan sarana banten, rangkaian janur kombinasi bunga dan buah-buahan.

Selain itu juga ditambah kekhususan bubuh sumsum, yakni bubur dari tepung ketan yang diberi warna hijau alami dari daun kayu sugih, ditaburi dengan parutan kelapa yang diberi gula merah.

Sumadi menambahkan, kegiatan ritual Tumpek Wariga dilakukan umat Hindu secara simbolis terhadap semua jenis tanaman di padi sawah, aneka jenis pepohonan yang memberikan manfaat di pekarangan maupun ladang.

"Tumpek Uduh bukan merupakan hari untuk menyembah tumbuh-tumbuhan, namun hari untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar melalui tumbuh-tumbuhan umat manusia dapat diberikan kemakmuran dan keselamatan terhindar dari berbagai bencana banjir dan tanah longsor," katanya.(Ode)**

.

Categories:Nasional,
Tags:wisata,