Pelempar Rokok pada Ozon di Bonbin Bakal Dipolisikan

Pelempar Rokok pada Ozon di Bonbin Bakal Dipolisikan

Pelaku pelempar roko ke orangutan di Bonbin Bandung. (foto - ist)

Bandung - Pelaku pelempar rokok kepada seekor orangutan di Kebun Binatang (Bonbin) Bandung bakal ditindak secara hukum pidana. Demikian ditegaskan Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo.

Menurut Kepala Marketing Communication Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoo), Sulhan Syafii pihaknya telah mengetahui pelaku dan akan melaporkannya kepada pihak kepolisian. Langkah itu diambil karena yang bersangkutan telah menyalahi aturan.

"Kita sudah rapat dengan manajemen Bandung Zoo dan kita sudah sepakat putuskan akan melaporkan yang bersangkutan ke polisi, karena tindakan yang bersangkutan sudah menyalahi aturan," kata Sulhan, Kamis (8/3/2018).

Untuk mencari pelaku, Sulhan mengaku selain mengcapture foto pelaku dari video yang viral itu, pihaknya pun akan membuka rekaman cctv untuk mencari lebih jelas wajah pelaku. Nantinya wajah pelaku akan disebar lewat media massa dan media sosial.

"Kita sudah capture atau screenshoot wajahnya karena sudah sangat jelas. Kita akan sebarkan di medsos, twitter, IG dan juga website agar yang bersangkutan memohon maaf, bukan ke Bandung Zoo tapi ke masyarakat dan dunia, karena hewan yang di kebun binatang itu titipan, milik negara dan satwa yang statusnya hampir punah," tegsanya.

Terkait adanya dugaan jika video tersebut merupakan sebuah rekayasa atau sudah terencana, Sulhan mengaku tidak mau dan tidak bisa menduganya. Ia menyerahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian. "Gak mau menduga-duga, takutnya kita salah," katanya.

Menurutnya, pasca menghisap rokok kondisi orangutan yang bernama Ozon tersebut dalam kondisi sehat. Setidaknya dua dokter terus mengawasi kesehatan Ozon. "Si Ozon sudah diperiksa oleh dua dokter, sepertinya masih normal," katanya.

Meski demikian, jika di kemudian hari ditemukan perubahan sikap dari Ozon, Sulhan mengaku pihakya akan mengambil langkah tertentu, sesuai dengan standar yang berlaku di Bandung Zoo. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,