SPBU di Sidoarjo Meledak dan Terbakar Telan Korban Jiwa

SPBU di Sidoarjo Meledak dan Terbakar Telan Korban Jiwa

Kebakaran di SPBU kawasan Berbek, Waru Sidoarjo Jawa Timur yang disertai adanya ledakan Kamis 8 Maret 2018 pagi. (foto - ist)

Sidoarjo - SPBU yang berada di kawasan Berbek, Waru Sidoarjo Jawa Timur meledak kemudian terbakar, Kamis (8/3/2018) pagi. Akibatnya, satu orang tewas dan empat orang lainnya dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka bakar. Polisi masih melakukan penyelidikan mengenai penyebab ledakan tersebut.

Kebakaran terjadi saat sebuah truk bermuatan elpiji mengisi BBM di SPBU itu, membuat sejumlah warga di sekitar lokasi heboh. Selain telan korban jiwa dan luka serius, dalam kebakaran tersebut juga menghanguskan tiga kendaraan.

Karena kondisi lokasi yang dipenuhi bahan-bahan mudah terbakar, petugas Pemadam Kebakaran Surabaya dan Sidoarjo yang datang ke lokasi sempat kesulitan untuk memadamkan api. Sedikitnya delapan unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) didatangkan ke lokasi kejadian. Api baru bisa dipadamkan sekitar dua jam setelah kejadian.

Berdasarkan hasil pemeriksaan polisi, ledakan dan kebakaran itu terjadi bermula ketika sebuah truk bermuatan tabung gas elpiji mengisi BBM di salah satu mesin pompa SPBU. Diduga, kebakran bermula dari munculnya percikan api, yang diikuti dengan ledakan dan kobaran api di sekitar lokasi.

Ledakan terdengar hingga radius beberapa kilometer dari lokasi kejadian. Begitu dahsyatnya ledakan, sejumlah mobil yang berada di sekitar lokasi pun ikut rusak dan terbakar. Kaca di kantor SPBU itu pun ikut pecah.

Petugas pemadam kebakaran masih disiagakan di lokasi kejadian untuk melakukan pembasahan. "Kebakaran diduga terjadi pada pukul 07.45 WIB," sebut Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Himawan Bayu AjiUntuk kepentingan pemeriksaan lebih lanjut, polisi pun memasang garis polisi dan melarang siapa pun masuk ke lokasi. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,