Perempatan Gedebage kembali Tergenang Lalinpun Terhenti

Perempatan Gedebage kembali Tergenang Lalinpun Terhenti

Banjir di perempatan Jalan Soekarno Hatta - Jalan Rumah Sakit sekitar Pasar Gedebage Bandung. (foto - @NuralamRizki)

Bandung - Diguyur hujan dengan intensitas tinggi sejak siang hingga malam hari menyebabkan sejumlah kawasan di seputar Kota Bandung tergenang banjir. Salah satunya di kawasan Gedebage kembali tergenang hingga tak bisa dilewati kendaraan, Kamis (8/3/2018).

Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung pun langsung bergerak untuk melakukan penanganan. Kepala UPT Operasional Pemeliharaan Gedebage DPU Kota Bandung Soni Hariyadi mengatakan, ketinggian air di perapatan Soekarno-Hatta - Jalan Rumah Sakit mencapai 40 cm.

"Tadinya ketinggian air 40 cm, namun berangsur menurun menjadi 25 cm. Kendaraan arah Cibiru macet parah tidak bisa bergerak, posisinya tersendat di sekitar Pasar Gedebage. begitu pun arah sebaliknya merayap," katanya.

Untuk menangani banjir tersebut pihaknya menggunakan beberapa pompa untuk menghisap genangan air. "Kita gunakan pompa, di Papuri kita gunakan 4 pompa. Di perempatan Gedebage karena punya tol air kita gunakan 2 pompa. Mobil pompa juga kita gunakan di perempatan Gedebage agar air lebih cepat terhisap, dibantu floating pump 2 unit untuk mempercepat arus air," katanya.

Namun, penanganan banjir tersebut terkendala karena hujan yang terus menerus mengguyur hingga malam, serta adanya kendaraan yang menumpuk di sekitar perempatan Gedebage. "Kita bekerja terganggu kendaraan yang menumpuk. Untuk pemasangan pompa sudah ada pompa yang ditanam di Papuri, jadi tinggal langsung dioperasikan. Di tol air juga sudah tertanam," tegasnya.

Menurutnya, banjir tersebut disebabkan karena volume air yang sangat besar dan tidak tertampung pompa. "Volumenya airnya besar, pompa juga kan ada kapasitasnya, sehingga pompa tidak bisa menghisap air begitu banyak," tambah Soni. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,