Jadi Tersangka, Ini Pengakuan Pelempar Rokok ke Orangutan

Jadi Tersangka, Ini Pengakuan Pelempar Rokok ke Orangutan

Ekspose kasus pelempar rokok kepada orangutan di Kebun Binatang Bandung di Mapolrestabes Bandung, Jumat 9 Maret 2018. (foto - ist)

Bandung Deni Junaedi (27), warga Jalan Gempol Sari resmi menyandang status tersangka yang ditetapkan oleh Polrestabes Bandung. Deni jadi tersangka terkait kasus pelemparan rokok kepada orangutan (si Ozon) koleksi Kebun Binatang Bandung.

"Dilihat dari payung hukumnya, yang bersangkutan dikenakan Pasal 302 KHUP tentang penganiayaan ringan kepada hewan. Ancaman hukumnya tiga bulan," kata Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto didampingi Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo di Mapolrestabes Bandung, Jumat (9/3/2018).

Menurut Agung, namun demikian pihaknya tidak melakukan penahanan terhadap Deni. Untuk proses hukum, jajarannya akan berkordinasi dengan manajemen Kebun Binatang Bandung. "Motifnya hanya iseng," katanya.

Agar peristiwa itu ke depannya tidak terulang, Agung meminta pihak manajemen Kebun Bintang Bandung untuk memasang cctv, guna lakukan pemantauan. "Kita juga minta pihak manajemen untuk memasang papan larangan dan imbauan yang jelas dan terlihat," tegas Agung.

Sementara itu, tim kesehatan dari Kebun Binatang Bandung yang hadir dalam ungkap kasus tersebut menyebutkan, setelah beredarnya soal salah satu koleksi hewannya yang merokok, pihaknya langsung melakukan pengecekan kepada Ozon.

"Tim kesehatan langsung pantau hewan itu, baik dari perilaku dan makan masih normal tidak terdapat luka di tangan dari api rokok. Namun yang kami takutkan jika berulang-ulang, itu bisa menimbulkan gangguan perilaku hewan tersebut," kata dr. hewan Dedi Trisasongko.

(Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,