Jet Pribadi Turki Bawa 8 Orang & 3 Kru Jatuh di Zagros Iran

Jet Pribadi Turki Bawa 8 Orang & 3 Kru Jatuh di Zagros Iran

Pesawat jet pribadi Turki yang membawa 11 orang jatuh di Pegunungan Zagros Iran. (foto - @Tasnimnews_Fa)

Teheran - Pesawat jet pribadi Turki yang membawa 11 orang jatuh di Iran. Pesawat itu membawa putri seorang pengusaha Huseyin Basaran’s Family dan teman-temannya, sepulang dari sebuah perayaan di Dubai Uni Emirat Arab.

Seperti dilansir AFP, Senin (12/3/2018) pejabat Turki dan Iran mengatakan, terdapat 8 penumpang dan 3 awak dalam pesawat yang jatuh di selatan Iran itu, saat terbang dari Sharjah ke Istanbul. Peristiwa itu terjadi pada Minggu 11 Maret waktu setempat.

Media di Turki melaporkan, 8 penumpang tersebut adalah Mina Basaran, putri seorang pengusaha terkemuka Turki dan 7 temannya, yang telah menghabiskan hari-hari terakhir di Kota Dubai UAE untuk merayakan pernikahannya.

Kepala Bulan Sabit Merah Iran, Morteza Salimi menyatakan, dua helikopter akan terbang ke daerah tersebut pada hari Senin pagi untuk mencari puing-puing dan badan pesawat. Sementara harian Hurriyet mengatakan, kedua pilot dan kru di pesawat itu wanita. Dengan demikian, 11 orang dalam pesawat adalah perempuan.

Laporan dari harian Hurriyet dan beberapa saluran TV Turki mengatakan, pesawat pribadi yang ditumpangi adalah jenis Bombardier Challenger 604. Pesawat tersebut milik ayah Meni, Huseyin yang merupakan bos Basaran Holding. Perusahaan Basaran Holding yang bermarkas di Istanbul aktif di bidang energi, konstruksi dan pariwisata termasuk dalam bisnis perhotelan.

Dilaporkan, sehari sebelumnya delapan wanita muda itu mem-posting sebuah gambar di media sosial mereka sambil tersenyum dan bersantai di Dubai. Di laporan itu juga dikatakan, Mina Basaran telah mem-posting  gambar di media sosial, ia menaiki pesawat Bombardier yang sama sebelum meninggalkan Istanbul untuk UAE.

Hal itu mengindikasikan tidak ada korban selamat dari kecelakaan. Laporan dari Turki mengatakan, Mina Basaran (28) telah menjadi anggota dewan perusahaan ayahnya pada 2013. Pesawat itu jatuh di sebuah gunung terpencil di Pegunungan Zagros yang tertutup salju saat cuaca buruk.

Laporan televisi pemerintah Iran mengatakan, pesawat telah meninggalkan Sharjah dan terjatuh di dekat Kota Shahr-e Kord, sekitar 400 kilometer selatan Teheran.

Sementara itu, Kepala Organisasi Penerbangan Sipil Iran, Reza Jafarzadeh membenarkan, ada 8 penumpang dan 3 awak kapal di dalamnya. Sejauh ini, belum diketahui pasti penyebab kecelakaan pesawat tersebut. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,