7 Kecamatan di Cirebon Dilanda Banjir Rendam Ribuan Rumah

7 Kecamatan di Cirebon Dilanda Banjir Rendam Ribuan Rumah

Tujuh kecamatan di wilayah Kabupaten Cirebon terendam banjir. (foto - ist)

Cirebon - Sedikitnya tujuh kecamatan di wilayah Kabupaten Cirebon terendam banjir. Ketinggian air bervariasi hingga mencapai 1,5 meter. Salah satu wilayah terparah, yakni Desa Wanakaya Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon.

Sekitar 1.400 rumah di Desa Wanakaya terendam banjir. Banjir di Wanakaya tersebut terjadi sejak Minggu 11 Maet, meski banjir sempat surut. Namun, menurut salah seorang aparat Desa Wanakaya, Toto Suharto air kembali naik sekitar pukul 00.30 Senin (12/3/2018) dinihari.

"Kemarin surut, tadi malam banjir lagi. Seluruh wilayah Desa Wanakaya terendam banjir. Total rumahnya ada sekitar 1.400 unit yang terendam," katanya di Blok Wanakaya Desa Wanakaya Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon.

Ketinggian air di Desa Wanakaya hingga saat ini masih 1,5 meter. Sebagian air meluap hingga ke Jalan Raya. Sunan Gunungjati. Kondisi itu membuat arus lalu lintas mengalami gangguan. Sejumlah Polantas dari Polresta Cirebon dikerahkan untuk mengatur lalulintas di Jalan Raya Sunan Gunung Jati.

menurutnya, banjir yang melanda Kecamatan Gunung Jati itu disebabkan karena meluapnya tiga sungai yang ada di Gunung Jati, yakni Sungai Condong, Bondet dan Pekik. Selain itu, curah hujan yang tinggi menjadi faktor lainnya. "Kemarin malam hujan terus, dan tiga sungai juga meluap," sebut Toto.

Kasie Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Cirebon Eman Sulaeman menyebutkan, banjir merendam tujuh kecamatan di Kabupaten Cirebon, yakni Gunung Jati, Ciledug, Pasaleman, Waled, Kedawung, Plumbon dan Tengah Tani.

"Kerugian material sejauh ini belum teridentifikasi. Hujan deras yang merata dan beberapa sungai di kabupaten Cirebon yang dangkal menjadi penyebabnya. Ada tujuh kecamatan yang terendam," kata Eman dalam keterangannya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,