Jembatan di Florida Ambruk, 4 Orang Tewas 8 Mobil Hancur

Jembatan di Florida Ambruk, 4 Orang Tewas 8 Mobil Hancur

Jembatan pejalan kaki di dekat Universitas Internasional Florida rubuh. (foto - AP)

Miami - Empat orang tewas dan sepuluh orang lainnya terluka,  akibat jembatan pejalan kaki ambruk di dekat universitas di Miami Florida Amerika Serikat. Selain korban tewas, sekitar delapan mobil hancur tertimpa reruntuhan jembatan.

"Sebuah jembatan pejalan kaki di dekat Universitas Internasional Florida (FIU) ambruk, menyebabkan empat orang tewas dan sepuluh orang terluka. Korban luka langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan," sebut Kepala Petugas Pemadam Kebakaran Miami, Dave Downey.

Dilansir laman CNN, Jumat (16/3/2018) keempat korban tewas berhasil dievakuasidari puing jembatan, namun mereka belum teridentifikasi. Sementara para petugas masih mencari korban lainnya yang kemungkinan masih terjebak di dalam reruntuhan.

Berdasarkan keterangan Dokter Mark G. McKenney yang menangani korban luka, dari 10 yang terluka ada dua yang berada dalam kondisi kritis. Satu pasien mengalami cedera parah dan tiba dalam keadaan koma. Saksi mata menceritakan betapa mencekamnya kejadian itu. Pasalnya, jembatan itu tiba-tiba saja runtuh saat dia baru saja lewat dengan mobilnya.

"Saya mendengar suara keras dan ketika menengok ke belakang, saya melihat jembatan itu benar-benar roboh," kata seorang mahasiswa, Isabella Carrasco. Keterangan dari situs FIU menyebutkan, jembatan itu dibangun dengan dana 14,2 juta dolar AS. Departemen Perhubungan AS menghibahkan dana sebesar 19,4 juta dolar AS, untuk pembangunan dan perawatan jembatan itu.

Jembatan itu dirancang dengan kekuatan kategori 5, yang seharusnya bisa bertahan selama lebih dari 100 tahun. Jembatan itu sebenarya baru dibuka bagi pejalan kaki dan pengendara sepeda pada 2019, namun sudah digunakan beberapa waktu lalu.

Salah satu perusahaan yang berkontribusi dalam pembangunan jembatan, MCM mengungkapkan, pihaknya menyesalkan ada korban jiwa yang jatuh karena jembatan yang masih dalam proses pembangunan itu. Meski demikian, MCM akan mengikuti prosedur penyelidikan secara penuh dan bekerja sama dengan penyidik dengan segala cara.

Perusahaan FIGG Bridge Engineers yang mendesain jembatan untuk pejalan kaki itu merasa terguncang atas kejadian itu. Pihaknya berjanji akan bekerja sama dengan otoritas untuk mengkaji ulang penyebab runtuhnya jembatan. Sebab, ini merupakan kejadian pertama dalam sejarah 40 tahun berdirinya perusahaan itu. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,