Lima Orang Terduga Pelaku 'Skimming' Bank BRI Ditangkap

Lima Orang Terduga Pelaku 'Skimming' Bank BRI Ditangkap

Tim Unit 4 Subdit Resmob Polda Metro Jaya tangkap 5 pelaku skimming Bank BRI. (foto - ilustrasi)

Jakarta - Sedikitnya lima orang pelaku 'skimming' yang diduga membuat berkurangnya saldo puluhan nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) secara misterius di beberapa daerah Indonesia, berhasil ditangkap Tim Unit 4 Subdit Resmob Polda Metro Jaya.

Menurut Kanit IV Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKP Rovan Richard Mahenu, kelima pelaku yang ditangkap ternyata empat di antaranya bukan Warga Negara Indonesia (WNI). "Satu orang pelaku yang merupakan WNI, selebihnya WNA," sebut Rovan Richard, Jumat (16/3/2018).

Tiga orang pelaku WNA berasal dari Rumania dan seorang WNA dari Hungaria. Yakni Caitanovici Andrean Stepan, Raul Kalai alias Lucian Meagu, Ionel Robert Lupu, Ferenc Hugyec. "Sedangkan satu WNI adalah Milah Karmilah. Kelima pelaku masih diperiksa intensif," katanya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Argo Yuwono membenarkan adanya penangkapan kelima pelaku skimming tersebut. "Benar. hal itu setelah hunting selama satu minggu," katanya.

AKP Rovan menyebutkan, selain menangkap para pelaku, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti. Berupa alat yang mereka gunakan untuk melakukan skimming. "Jadi, barang bukti yang kita amankan sejumlah alat untuk membuat deepakimmer," katanya.

Selain itu, pihaknya mengamankan satu buah deepskimmer yang sudah jadi, satu buah encorder, tiga buah spy cam dan puluhan ribu kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang turut disita.

"Sedangkan untuk kartu ATM yang diamankan pihak kepolisian, telah diisi data oleh para pelaku dengan menggunakan data curian. Sedikitnya terdapat 1.047 kartu ATM," tambahnya. (Jr.)**

.

Categories:Perbankan,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait