26 Orang Tewas, Bom Meledak di Depan Universitas Kabul

26 Orang Tewas, Bom Meledak di Depan Universitas Kabul

Bom bunuh diri menewaskan 26 orang di depan Universitas Kabul Afghanistan. (foto - iTV)

Kabul - Bom bunuh diri menewaskan sedikitnya 26 orang yang meledak di depan Universitas Kabul Afghanistan. Insiden ledakan bom itu terjadi saat warga Afghanistan turun ke jalan, untuk merayakan hari libur tahun baru Persia.
 
Sejauh ini, belum ada kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan mematikan itu. Namun via Twitter, kelompok militan Taliban telah membantah keterlibatannya. Ini merupakan serangan bom bunuh diri kelima di Kabul, ibu kota Afghanistan dalam beberapa pekan terakhir.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan, Nasrat Rahimi menyatakan sebagian besar korban adalah remaja. Sebanyak 18 orang lainnya luka-luka dalam serangan itu. "Mereka semua warga sipil," katanya.
 
Dilansir kantor berita AFP, Rabu (21/3/2018) menurut Rahimi, seorang pengebom bunuh diri yang berjalan kaki meledakkan bomnya di depan sebuah rumah sakit. Rumah sakit itu letaknya berseberangan dengan Universitas Kabul. 
 
Pengebom beraksi kurang dari 200 meter dari kuil Karte Sakhi, di mana banyak warga Afghan berkumpul setiap tahun untuk merayakan Nawrooz, yang merupakan hari libur tahun baru Persia.

Di kuil tersebut pada Oktober 2016 lalu, para militan ISIS bersenjata menyerang warga yang berkumpul untuk memperingati Hari Asyura. Sebanyak 18 orang tewas dalam serangan tersebut. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,