HIV Jangkiti 10 Tahanan Narkoba Polda Metro

HIV Jangkiti 10 Tahanan Narkoba Polda Metro

ilustrasi by rzl

Jakarta - Sebanyak 10 orang penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya terjangkit "Human Immunodeficiency Virus" (HIV), seusai menjalani tes darah.


"Sedikitnya dua dari 10 orang merupakan wanita," kata Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Kabid Dokkes) Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Musyafak di Jakarta, Sabtu (22/11).

Musyafak menyebutkan, jumlah penghuni Rutan Ditresnarkoba Polda Metro Jaya seluruhnya mencapai sebanyak 270 orang. Terdiri atas 145 orang pria dan 125 orang wanita.

 

Disebutkan, tidak seluruh penghuni Rutan Ditresnarkoba Polda Metro Jaya menjalani pemeriksaan darah, karena lima orang tahanan mengajukan keberatan, jadi 265 orang yang dites darah. "Kelima orang yang menolak tahanan laki-laki semua, sehingga tidak dilakukan pemeriksaan darah," ujar Musyafak.

 
Musyafak mengatakan, para tahanan yang terkena HIV akan menjalani pengobatan dan pendampingan untuk konseling rutin secara gratis. Para tahanan itu akan menjalani pengobatan rutin agar tidak berkembang terserang "Acquired Immune Deficiency Syndrome" (AIDS).

Meski tidak dipisahkan antara tahanan yang terjangkit HIV dengan penghuni lainnya, seluruh tahanan diberikan penyuluhan agar tidak menggunakan alat pribadi bersama seperti alat cukur dan sikat gigi. Para tahanan juga dilarang menggunakan alat suntik karena berpotensi menular HIV melalui aliran darah. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,