Situ Cisanti Tampak Lebih Cantik Setelah Bebas dari Sampah

Situ Cisanti Tampak Lebih Cantik Setelah Bebas dari Sampah

Situ Cisanti yang berada di Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. (foto - blog)

Bandung - Kondisi Situ Cisanti yang berada di Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung sudah mengalami banyak perubahan. Kondisi situ yang dulunya tidak terawat kini berubah menjadi bersih, sehingga menuai decak kagum siapa pun yang melihatnya.
 
Demikian dikemukakan Kapendam Kodam III Siliwangi Kolonel Arh M Desi Ariyanto ketika on air di PRFM, Minggu (25/3/2018). Menurutnya, tumpukan sampah yang menutupi Situ Cisanti berhasil diangkat mencapai sekitar 10 ton.
 
Termasuk juga tanaman eceng gondok yang tumbuh liar di situ tersebut. "Saat ini, kita bisa melihat ikan hingga ke dasar situ. Dulu enggak bisa karena banyak eceng gondok dan sampah," katanya saat on air di PRFM, Minggu (25/3/2018).
 
Selain pembersihan situ, jalan setapak di sekitar Cisanti juga diperbaiki. Mata air purba yang usianya sudah jutaan tahun pun dijaga sedemikian rupa agar tetap lestari. "Mata air dijaga dan diperbaiki, saking beningnya kita bisa minum langsung. Saya bersyukur makin banyak masyarakat dan komunitas yang turut serta menjaga keindahan Situ Cisanti," kata Ariyanto.
 
Menurutnya, lahan di sekitar Situ Cisanti sudah kritis karena beralih fungsi menjadi perkebunan sayuran. Padahal, sebagai kilometer 0 Citarum, Situ Cisanti berfungsi sebagai daerah resapan yang menampung air hujan. Agar lahan kritis itu kembali seperti semula, dibutuhkan 125 juta bibit pohon yang harus ditanam.
 
"Bibit pohon itu dikombinasikan antara tanaman keras (pohon tegakkan-red) dengan tanaman yang memiliki nilai ekonomis, seperti kopi. Jadi para petani sayur itu beralih menjadi petani kopi. Apalagi kopi Jabar menjadi kopi terbaik di dunia. Dengan perubahan lahan kritis ini, paling tidak banjir yang kerap melanda Bandung Raya bisa berkurang," tegasnya. (Jr.)**
.

Categories:Wisata,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait