Ribuan Rumah di 5 Desa Kutai Kartanegara Terendam 2 Meter

Ribuan Rumah di 5 Desa Kutai Kartanegara Terendam 2 Meter

Banjir merendam ribuan rumah di Kutai Kartanegara. (foto - ist)

Kutai Kartanegara - Ribuan rumah di tiga kecamatan mencakup lima desa Kabupaten Kutai Kartanegara, yakni Kota Bangun, Tenggarong dan Loa Kulu terendam banjir. Musibah banjir tersebut terjadi akibat curah hujan yang tinggi dalam tiga hari terakhir.

Ribuan warga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih tinggi karena air masuk hingga ke dalam rumah. Sejumlah ruas jalan pun tak bisa dilintasi kendaraan bermotor, karena terendam air dengan ketinggian bervariasi antara 0,5 - 1,5 meter.

Plt Bupati Edi Damansyah bersama Kapolres Kukar, AKBP Anwar Haidar pun turun langsung untuk melakukan pantauan. Pihak Polres Kukar menyiapkan ratusan personel membantu para korban banjir, untuk memindahkan barang warga yang terendam.

Mereka pun membantu mengevakuasi korban usia lanjut maupun balita untuk dibawa ke tempat yang lebih aman. Di kecamatan Tenggarong, banjir terparah terjadi di Kelurahan Loa Ipuh yang dilintasi sungai Tenggarong. 

Berdasarkan data di Posko Penanggulangan Banjir, ada 14 RT di wilayah Kelurahan Loa Ipuh Kecamatan Tenggarong yang terdampak banjir sebanyak 563 rumah yang ditempati 950 KK, sedangkan di Kelurahan Maluhu banjir merendam empat RT.

Sejauh ini. genangan masih bertahan dan kondisi warga yang terendam banjir sebagian masih bertahan di rumah masing-masing, untuk mengamankan barang perlengkapan rumah tangga dan sebagian ada yang mengungsi di posko banjir.

Di Kecamatan Kota Bangun, banjir juga merendam ratusan rumah di Desa Sarinadi. Banjir juga merendam fasilitas umum seperti sekolah TK, SDN, SMP, Masjid, Musala dan Gereja, sedangkan lahan sawah yang tergenang air sekitar 167 hektar.

Banjir terjadi akibat luapan Sungai Semilis Desa Sarinadi karena curah hujan tinggi dan banjir kiriman dari Desa Benua Baru. Sehingga mengakibatkan tergenangnya jalan raya dan rumah warga dengan ketinggian air kurang lebih 2 meter. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,