Jalur Puncak Pass kembali Ditutup Penyangga Jalan Amblas

Jalur Puncak Pass kembali Ditutup Penyangga Jalan Amblas

Jalur Puncak Pass ditutup mulai dari Gunung Mas hingga Ciloto imbas penyangga jalan amblas. (foto - Satlantas Polres Bogor)

Cianjur - Penyangga jalan di kawasan Puncak Pass Cipanas Kabupaten Cianjur kembali amblas,  tepatnya di area yang tengah diperbaiki akibat longsor Februari lalu. Akibatnya, jalur Puncak mulai dari Gunung Masigit hingga Ciloto ditutup, Kamis (29/3/2018) dinihari.

Aparat Polres Bogor baik melalui petugas di lapangan maupun informasi lewat Instagram mengimbau, kepada para pengendara yang akan menuju Cianjur disarankan menggunakan jalan alternatif. Kendaraan antara lain bisa melalui jalur Jonggol ataupun Sukabumi.

Berdasarkan keterangan Camat Cipanas Ahmad, setelah mendapat laporan adanya longsor pihaknya telah melakukan peninjauan bersama muspika setempat. Lokasinya memang tepat dengan area longsor beberapa waktu lalu yang tengah dilakukan perbaikan," katanya.

Sementara itu, Kasi Trantib Kecamatan Cipanas Ade Nurodin mengatakan, sebelum tanah di lokasi itu amblas, sudah ada beberapa rekahan tanah yang muncul. Hanya saja menurut warga rekahan itu masih kecil. Namun, diperkirakan rekahan itu melebar setelah hujan turun.

"Hujan deras memang mengguyur kawasan Puncak Pass dalam beberapa hari terakhir," katanya. Hal itu menyebabkan tanah bergerak hingga akhirnya amblas. Sejauh ini, tidak ada kegiatan yang dilakukan setelah tanah amblas. Beberapa alat berat pun tampak masih berada di lokasi.

Sebelumnya, warga setempat menyatakan mereka sempat mendengar suara dentuman cukup keras sebelum jalan yang berada di bagian bawahnya dipasang bronjong itu amblas. 

"Kami sempat mendegar bunyi retakan dan tanah bergetar di sekitar lokasi sekitar pukul 20.30 WIB. Selang beberapa saat terdengar dentuman dan jalan amblas sejauh beberapa meter," kata warga.

Namun, warga pun tidak dapat memastikan apakah rumah atau kamar hotel yang terletak di bagian bawah terseret. hal itu karena lokasinya memang gelap. Yang jelas sejak sore tadi dinding kamar mulai retak-retak.

"Tidak tahu pasti apakah ada kamar hotel yang terseret longsor atau tidak. Infonya ada beberapa kamar yang mengalami retak di bagian dinding," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,