Longsor di Kawasan Puncak Pass Robohkan Tiga Bangunan

Longsor di Kawasan Puncak Pass Robohkan Tiga Bangunan

Tiga bangunan roboh akibat longsor di Jalur Puncak Pass Kabupaten Cianjur. (foto - ist)

Cianjur - Kawasan Puncak Pass Kabupaten Cianjur Jawa Barat kembali diterjang longsor. Sedikitnya tiga bangunan dilaporkan roboh akibat kejadian tersebut.

"Hasil pengecekan petugas Kepolisian dan Dinas PU menunjukkan, terdapat 3 bangunan RM Puncak Pass yang mengalami kerusakan, di antaranya, kamar dan dapur," sebut Kasatlantas Polres Cianjur AKP Rendy Setia Permana, Kamis (29/3/2018).

Longsor diduga dipicu adanya bronjong amblas, yang terpasang di lokasi pasca-peristiwa longsor di wilayah tersebut beberapa waktu lalu. Bronjong tersebut amblas sedalam 40 meter, dengan panjang kurang lebih 150 meter.

"Bronjong di lokasi Puncak Pass Cianjur amblas dengan kedalaman 40 meter, dan panjang lebih kurang 150 meter. Sejauh ini masih ada pergerakan tanah apabila ada getaran atau pergerakan dari kendaraan baik roda dua maupun roda empat," katanya.

Menurutnya, ypaya yang dilakukan petugas antara lain penutupan akses untuk kendaraan roda empat di Pos Jabar 9. "Untuk motor masih bisa melintas di lokasi, anggota kita pun masih berada di lokasi untuk melakukan pengalihan arus," tegas Rendy.

Terkait dengan kembali ditutupnya jalur Puncak menyusul adanya longsor di perbatasan Kabupaten Bogo r-  Cianjur tepatnya di Puncak Pass Hotel and Resort itu, polisi telah menyiapkan jalur alternatif bagi para pengendara.

Menurut Kapolres Bogor AKBP AM Dicky Pastika Gading, penutupan di wilayah Bogor dilakukan mulai dari Gunung Mas. Sementara di Cianjur, ditutup mulai persimpangan Hypermart. "Kita lakukan penutupan sampai nanti ada koordinasi dengan instansi terkait, kita prioritaskan keselamatan," katanya.

Adapun jalur alternatif dari Bogor ke Cianjur, yakni: Jakarta lewat Cibubur - Jonggol - Cariu - Sukamakmur - Cibadak - Cipanas - Taman Bunga. Pengendara dari arah Sukabumi bisa mengaksesnya lewat Bogor - Jonggol - Sukamakmur - Cibadak - Cipanas. 

Sementara itu, Kapolres Cianjur AKBP Soliyah mengatakan, kendaraan yang akan menuju ke Bogor dialihkan via Jonggol. "Di wilayah Cianjur kita sudah melakukan penutupan paskalongsor, kita sudah membuat spanduk imbaun di simpangan Hypermat, lalu yang akan mengarah ke Bogor kita alihkan via Jonggol atau Sukabumi," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,