Paus Sperma 10 M Terdampar di Lombok Akhirnya Dikubur

Paus Sperma 10 M Terdampar di Lombok Akhirnya Dikubur

Seekor paus sperma ditemukan terdampar di pantai di wilayah Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. (foto - BPSPL Denpasar)

Lombok Timur - Paus sperma dengan panjang sekitar 10 meter dalam kondisi mati ditemukan terdampar di pantai di wilayah Lombok Timur Nusa Tenggara Barat (NTB). Paus itu ditemukan nelayan terdampar di wilayah Pantai Tabuan Batu Dagong Desa Kuang Rundun Kecamatan Jerowaru Lombok Timur NTB, Rabu 28 Maret kemarin.

"Kondisinya sudah mati dan sudah membusuk," kata Kepala Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar, Suko Wardono, Kamis (29/3/2018). Ia memperkirakan, paus tersebut sudah mati sekitar 4 hari.

Menurutnya, petugas dari BPSPL Denpasar-Wilayah Kerja NTB sudah datang ke lokasi melakukan evakuasi. Dari hasil pengamatan, paus itu panjangnya sekitar 10 meter dengan bobot 10 ton. Terakhir paus itu sudah berada di pantai.

Petugas berupaya untuk mengubur paus itu dengan menggunakan alat berat. "Mau kita evakuasi, mungkin mau dikubur, kita sedang cari alat berat untuk mengubur," katanya.

Suko belum dapat memastikan penyebab matinya paus sperma itu karena harus lebih dulu diteliti. Namun umumnya paus mati karena faktor cuaca, sakit dan terpisah dari kawanannya. "Mudah-mudahan hari ini beres karena baunya ke mana-mana, kalau nggak segera ditangani bisa menular dan menyebarkan penyakit ke manusia," tegasnya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,