Cacing Dalam 27 Merek Produk Ikan Makarel Tak Berbahaya

Cacing Dalam 27 Merek Produk Ikan Makarel Tak Berbahaya

Sidak produk ikan makarel kaleng di pasar swalayan. (foto - ist)

Bandung - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menginformasikan hasil temuan terbarunya yang mengungkap, ada 27 merek produk ikan makarel kaleng positif mengandung parasit cacing. Ke-27 merek itu terdiri atas 16 produk impor dan 11 produk dalam negeri.

Sebelumnya, BPOM telah melakukan sampling dan pengujian terhadap 541 sampel ikan dalam kemasan kaleng yang terdiri atas 66 merek.

Kepala Balai Besar POM (BPOM) Bandung wilayah Jawa Barat, Abdul Rohim mengatakan, cacing yang terkandung dalam produk ikan makarel tersebut tidak menimbulkan penyakit, karena bukan jenis cacing yang mengandung bakteri footage

"Secara keamanan tidak akan menimbulkan penyakit, tapi memang tentunya kurang baik adanya cacing dalam makanan. Namun untuk orang-orang tertentu yang cenderung alergi, bisa memicu alerginya lebih cepat hilang, karena cacing itu sebagian besar mengandung protein," sebut Abdul, Kamis (29/3/2018). 

Menurutnya, produk ikan kemasan kaleng yang terindikasi mengandung cacing parasit hanya produk yang berjenis ikan makarel. "Yang mengandung cacing itu jenis ikannya makarel, kalau jenis ikan sarden dari 541 sampel belum terkonfirmasi adanya cacing," katanya. 

BPOM pusat, lanjutnya sudah meminta produsen maupun importir produk ikan kemasen kaleng yang terindikasi mengandung cacing untuk menarik produknya pada bets tertentu. Produsen juga diminta untuk melakukan audit secara komprehensif, untuk mengidentifikasi dari mana timbulnya cacing itu. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,