Libur Paskah Jalur Bandung - Lembang Padat Merayap

Libur Paskah  Jalur Bandung - Lembang Padat Merayap

Kepadatan kendaraan di jalur Bandung arah Lembang, petugas berlakukan sistem buka tutup. (foto - prfmnews)

Bandung - Kawasan wisata Lembang di Kabupaten Bandung Barat senantiasa menjadi tujuan kalangan wisatawan pada setiap weekend, terlebih long weekend seperti saat ini. Sejak pagi arus lalu lintas Bandung - Lembang pun terus mengalami lonjakan kendaraan.

"Arus lalu lintas di kawasan wisata Lembang khususnya yang datang dari arah Kota Bandung dari batas kota itu terjadi antrean, mulai  dari Grand Hani Hotel ataupun Gembong di sekitar Jalan Setiabudi hingga Farmhouse," kata Kanit Lantas Polsek Lembang AKP Asep Ratman, Jumat (30/3/2018).

Menurut Asep, penyebab kepadatan arus lalu lintas menuju kawasan wisata Lembang dari Grand Hani tidak lain banyaknya wisatawan yang hilir mudik di objek wisata Farmhouse.

"Seperti biasa faktor penyebabnya area parkir yang tersedia di sekitar Farmhouse tidak memadai, sehingga banyak kendaraan parkir di sekitar Farmhouse yang disediakan warga setempat," katanya.

Sementara di pusat kawasan Lembang pun diakui Asep, sudah mengalami kepadatan luar biasa. Kepadatan terjadi di beberapa persimpangan menuju sejumlah tempat wisata. Antara lain Floating Market, Maribaya hingga persimpangan menuju arah ke Subang.

Asep menegaskan, pihaknya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas dengan menerapkan sistem buka tutup, jika terjadi antrean yang cukup panjang. "Jika terjadi sendatan yang signifikan di sekitar kota maupun kawasan Farmhouse, kami akan berlakukan sistem buka tutup," tambahnya.

Sementara itu, Kanit Lantas Polsek Cileunyi Iptu Iwan Cahyadi menyatakan, sebanyak 7.938 kendaraan keluar dari Gerbang Tol Cileunyi dalam empat jam terakhir. Sedangkan kendaraan yang masuk 4.747.

Arus lalu lintas tersebut didominasi oleh kendaraan yang menuju Priangan Timur, antara lain Garut ataupun Tasikmalaya. "Secara umum arus kendaraan masih lancar, lonjakan kendaraan terjadi pada 17.00 - 22.00 WIB kemarin malam," katanya.

Diperkirakan, lonjakan kendaraaan akan kembali terjadi pada sore hingga menjelang malam meski tidak terlalu signifikan. Personel polisi pun sudah disiagakan di sejumlah titik rawan kepadatan.

Ia pun mengimbau, masyarakat yang hendak berlibur untuk selalu mengecek kondisi kendaraan, termasuk fisik sang pengemudi. Pastikan untuk beristirahat ketika fisik mulai lelah dan mengantuk. "Paling penting para pengemudi harus bersabar jika terjadi kemacetan," tegasnya. (Jr.)**

.

Categories:Wisata,
Tags:,